HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN DERAJAT KEPARAHAN AKNE VULGARIS PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

Marwa Zileikhadira, Manzalina (2023) HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN DERAJAT KEPARAHAN AKNE VULGARIS PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah KTI_Marwa Zileikhadira M. H1A020064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Jurnal Publikasi_Marwa Zileikhadira Manzalina H1A020064.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Stres pada mahasiswa tidak hanya meningkatkan risiko untuk timbul akne vulgaris, mahasiswa dengan akne kemudian mengalami stres juga dapat memperburuk kondisi dari AV sendiri. Salah satu cara untuk mengukur stres akademik adalah dengan menggunakan kuesioner Student-life Stress Inventory (SLSI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dengan derajat keparahan akne vulgaris pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan metode cross-sectional. Metode pengambilan sampel dengan purposive sampling terhadap mahasiswa yang sesuai dengan kriteria inklusi. Stres akademik diukur menggunakan kuesioner Student-life Stress Inventory (SLSI) dan penilaian derajat keparahan AV menggunakan Combine Acne Severity Classification (CASC). Hasil : Dari hasil analisis data terhadap 34 responden terdapat hubungan antara tingkat stres akademik dengan derajat keparahan akne vulgaris pada mahasiswa FK Universitas Mataram dengan nilai p <0,05 arah positif dan kekuatan korelasi sedang. Hasil uji beda skor stres akademik antara responden dengan AV derajat ringan, sedang dengan berat adalah p <0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan skor stres akademik. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara stres akademik dengan derajat keparahan AV dan terdapat perbedaan skor stres akademik antara responden dengan AV derajat ringan, sedang dan berat pada mahasiswa FK Universitas Mataram. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah penelitian dengan metode kohort prospektif untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hubungan antara stres akademik dan akne vulgaris.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Stres akademik, akne vulgaris, derajat keparahan akne vulgaris, SLSI, mahasiswa.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Dec 2023 11:11
Last Modified: 22 Dec 2023 11:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43874

Actions (login required)

View Item View Item