PERAN GURU PPKn DALAM MENUMBUH KEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN DAN KEJUJURAN SISWA KLS Vlll DI SMPN 4 JANAPRIA KECAMATAN JANAPRIA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

RANTI, HARIANI (2023) PERAN GURU PPKn DALAM MENUMBUH KEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN DAN KEJUJURAN SISWA KLS Vlll DI SMPN 4 JANAPRIA KECAMATAN JANAPRIA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1 Skripsi Ranti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
2 Jurnal ranti pdf.pdf

Download (187kB)

Abstract

Guru mempunyai peran yang strategis dalam pembentukan pengetahuan, keterampilan dan karakter kedisiplinan, kejujuran dalam diri peserta didik. Untuk mewujudkan sumber daya manusia yang mempunyai keterampilan, pengetahuan dan karakter, peserta didik diperlukan sikap disiplin. Mata pelajaran pendidikan pancasila sebagai mata pelajaran yang berbasis karakter menjadi solusi cerdas untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa. Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai nilai yang di percaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya sedangkan jujur merupakanan suatu perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam suatu perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap dirinya maupun pihak lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan peran guru PPKn dalam menumbuh kembangkan karakter Disiplin dan Kejujuran siswa dan mengetahui atau menjelaskan faktor pendukung dan penghambat guru PPKn dalam menumbuh kembangkan karakter disiplin dan kejujuran siswa kelas Vlll SMPN 4 Janapria. Metode yang diguanakan dalam penelitian ini kualitatif dengan jenis penellitian study casus. Subjek yaitu guru PPKn dan Informan penelitian yaitu Kepala sekolah, guru BK dan siswa. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa di SMPN 4 Janapria peran guru dalam menumbuh kembangkan karakter disiplin dan kejujuran sudah berjalan dengan baik yaitu Guru sebagai teladan, pengajar, pembina, pembimbing dan pendengar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peran Guru, Karakter Disiplin Dan Kejujuran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Dec 2023 11:12
Last Modified: 22 Dec 2023 11:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43884

Actions (login required)

View Item View Item