POLA KERJA SAMA PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS DESA TIRTANADI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR DENGAN WALI SANTRI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA SANTRI

HAIRUL, HAMIDI (2023) POLA KERJA SAMA PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS DESA TIRTANADI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR DENGAN WALI SANTRI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA SANTRI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FIX SKRIPSI POLA KERJASAMA PONDOK PESANTREN DENGAN WALI SANTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL HAMID POLA KERJASAMA PONDOK PESANTREN & WALI SANTRI.pdf

Download (418kB)

Abstract

Tujuan Penelitian: (1) mengetahui pola kerjasama pondok pesantren dengan wali santri dalam meningkatkan pelayanan kepada santri dan (2) mengetahui dampak kerjasama pondok pesantren dengan wali santri terhadap pelayanan kepada santri. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Jenis data pada penelitian ini menggunakan jenis data primer dan data sekunder. Data yang terdapat pada penelitian ini bersumber dari subjek dan informan ahli dengan tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara dilanjutkan dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data mengunakan teknik analisis kualitaif dengan tahap-tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat 5 pola kerjasama pondok pesantren dengan wali santri dalam meningkatkan pelayanan kepada santri yaitu pola kerjasama kerukunan, pola kerjasama bargainning, pola kerjasama kooptasi, pola kerjasama koalisi dan pola kerjasama joint venture, (2) Terdapat 5 dampak positif pola kerjasama pondok pesantren dengan wali santri dalam meningkatkan pelayanan kepada santri yaitu meningkatkan kreativitas dalam pemecahan masalah, memperluas jaringan, meningkatkan pembelajaran, dapat membangun kepercayaan dan meningkatkan kepuasan kerja dan, meningkatkan efisiensi dan kualitas pekerjaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola Kerjasama, Pondok Pesantren, Wali Santri, Pelayanan, Dampak Pola Kerjasama.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Dec 2023 11:12
Last Modified: 22 Dec 2023 11:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43893

Actions (login required)

View Item View Item