PERBEDAAN CT-VALUE (NILAI CT) YANG TERDETEKSI PADA RTPCR COVID-19 PASIEN COVID-19 DENGAN PNEUMONIA BAKTERIAL DAN TANPA PNEUMONIA BAKTERIAL DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM (RSUM)

Rike Delya, Rizkina (2023) PERBEDAAN CT-VALUE (NILAI CT) YANG TERDETEKSI PADA RTPCR COVID-19 PASIEN COVID-19 DENGAN PNEUMONIA BAKTERIAL DAN TANPA PNEUMONIA BAKTERIAL DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM (RSUM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI_Rike Delya Rizkina (H1A020101).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Ringkasan KTI_Rike Delya Rizkina (H1A020101).pdf

Download (230kB)

Abstract

Latar belakang: Ct-value (nilai Ct) merupakan indikator diagnostik untuk menentukan viral load dan tingkat penularan virus pada COVID-19. Ct-value yang lebih rendah dikaitkan dengan kemungkinan viral load yang lebih tinggi, sehingga peneliti ingin melakukan penelitian untuk mengetahui perbedaan Ct-value pada pasien COVID-19 dengan pneumonia bakterial dan tanpa pneumonia bakterial di RSUM Metode: Rancangan penelitian ini adalah cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah consecutive sampling. Terdapat 80 data pasien COVID-19 yang terdiri dari 40 pasien COVID-19 dengan pneumonia bakterial dan 40 pasien COVID-19 tanpa pneumonia bakterial yang digunakan dalam penelitian ini. Pengambilan data menggunakan catatan rekam medik. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis komparatif dengan menggunakan uji t-tidak berpasangan (Unpaired-t test) Hasil: Rata-rata usia pasien adalah 45 tahun ± 15 tahun. Sebagian besar subjek berjenis kelamin laki-laki (57,5%). Komorbid tersering adalah diabetes melitus (16,3%) dan hipertensi (16,3%). Selisih nilai rerata Ct-value pada kedua kelompok adalah 1,99, sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan Ct-value pasien COVID-19 dengan pneumonia bakterial dan tanpa pneumonia bakterial Kesimpulan: Secara statistik dan klinis tidak terdapat perbedaan Ct-value pasien COVID-19 dengan pneumonia bakterial dan tanpa pneumonia bakterial di RSUM

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): COVID-19, pneumonia, pneumonia bakterial, cycle threshold value, Ct-value
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Dec 2023 11:12
Last Modified: 22 Dec 2023 11:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43895

Actions (login required)

View Item View Item