POLA INTERAKSI SOSIAL KOMUNITAS JAMAAH AHMADIYAH DENGAN MASYARAKAT ( Studi di Desa Gereneng, Kecamatan Sakra Timur, Kabupaten Lombok Timur)

Aldi, anto (2023) POLA INTERAKSI SOSIAL KOMUNITAS JAMAAH AHMADIYAH DENGAN MASYARAKAT ( Studi di Desa Gereneng, Kecamatan Sakra Timur, Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ALDIANTO (E1S019009) SKRIPSI (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Aldianto (E1S019009) ARTIKEL (1).pdf

Download (125kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Interaksi Sosial Komunitas Jamaah Ahmadiyah dengan Masyarakat Desa Gereneng, Kecamatan Sakra Timur, Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini untuk menggali data secara detail dan mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data serta melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) Pola interaksi asosiatif yang dilakukan Jamaah Ahmadiyah dengan masyarakat Non Ahmadiyah menggunakan pola: (a) Kerukunan, tawar menawar dan patungan, (b) Kompromi, mediasi dan ajudikasi (c) Akulturasi perkawinan campuran. (2) Pola interaksi disosiatif yang dilakukan Jamaah Ahmadiyah dengan masyarakat Non Ahmadiyah menggunakan pola: (a) Persaingan ekonomi, persaingan kedudukan dan peranan (b) Kontravensi sederhana dan kontravensi intensif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola Interaksi, Komunitas, Jamaah Ahmadiyah
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:10
Last Modified: 27 Dec 2023 08:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43899

Actions (login required)

View Item View Item