ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI DAN PEMASARAN TEMBAKAU VIRGINIA DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Susi Dian, Purwati (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI DAN PEMASARAN TEMBAKAU VIRGINIA DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUSI DIAN PURWATI_FIX_C1G019291.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL SUSI DIAN PURWATI.pdf

Download (684kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui berapa biaya dan keuntungan produksi tembakau virginia di Kabupaten Lombok Tengah; (2) Untuk menganalisis faktorfaktor yang mempengaruhi produksi tembakau virginia di Kabupaten Lombok Tengah; (3) Untuk menganalisis saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran tembakau virginia di Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Unit analisis adalah usahatani tembakau virginia di Kabupaten Lombok Tengah. Metode penentuan daerah penelitian yaitu dengan metode purposive sampling dan dipilih 1 kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Tengah yaitu Kecamatan Praya Timur. Metode penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin yaitu dengan jumlah petani 2.354. Sehingga didapatkan jumlah responden yaitu sebanyak 44 orang. Sebaran untuk masing-masing wilayah adalah sebanyak 22 orang dari Desa Semoyang dan 22 orang dari Desa Ganti. Penentuan responden dalam penelitian ini dilakukan dengan metode accidental sampling. Sampel lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran tembakau virginia di wilayah penelitian ditentukan dengan metode snowball sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Biaya yang dikeluarkan oleh petani yaitu sebesar Rp 77.297.882/LLG atau Rp 41.529.961/ha dan keuntungan sebesar Rp 49.250.646/LLG atau 26.524.963/ha; (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi tembakau virginia secara signifikan di Kabupaten Lombok Tengah yaitu Luas Lahan (X1), Bibit (X2), Tenaga Kerja (X3) dan Pupuk SP-36(X5). Sedangkan Pupuk Urea (X4), Pupuk Za (X6), dan Pestisida (X7) tidak berpengaruh signifikan; (3) Saluran pemasaran tembakau virginia di Kabupaten Lombok Tengah ada 2 (dua) saluran pemasaran yaitu: (a) Saluran Pemasaran I : Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar. (b) Saluran Pemasaran II : Petani – Pedagang Besar. Saluran pemasaran I dan II tembakau virginia di Kabupaten Lombok Tengah yaitu sudah efisien dikarenakan nilai farmer’s share sebesar 95% dengan margin Rp 2.333 dan nilai distribusi keuntungan yaitu 1 pada saluran pemasaran I dan nilai farmer’s share sebesar 100% pada saluran pemasaran II.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Produksi, Pemasaran, Tembakau Virginia, Usahatani.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:10
Last Modified: 27 Dec 2023 08:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43901

Actions (login required)

View Item View Item