HUBUNGAN KEJADIAN ANEMIA DEFISIENSI BESI PADA KEHAMILAN LANJUT DENGAN LUARAN PERSALINAN PADA IBU DAN BAYI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROVINSI NTB PERIODE TAHUN 2021 DAN 2022

Zulfa Hasyimiyyah, Ihtisyam (2023) HUBUNGAN KEJADIAN ANEMIA DEFISIENSI BESI PADA KEHAMILAN LANJUT DENGAN LUARAN PERSALINAN PADA IBU DAN BAYI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROVINSI NTB PERIODE TAHUN 2021 DAN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KARYA TULIS ILMIAH - ZULFA HASYIMIYYAH I..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
RINGKASAN KTI - ZULFA HASYIMIYYAH I..pdf

Download (244kB)

Abstract

Latar Belakang: Anemia merupakan satu dari sekian banyak masalah kesehatan di Indonesia yang dialami oleh berbagai lapisan usia. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2018, ibu hamil di Indonesia memiliki prevalensi anemia sebesar 48.9% dengan kelompok usia terbanyak mengalami anemia adalah pada umur 15 sampai 24 tahun. Salah satu anemia yang sering terjadi pada ibu hamil adalah anemia defisiensi besi. Anemia selama kehamilan menyebabkan terjadinya perubahan secara fisiologis pada ibu, janin yang dikandung, serta proses kehamilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara anemia defisiensi besi pada kehamilan lanjut dengan luaran persalinan pada ibu di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB Periode Tahun 2021 dan 2022. Metode: Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan rancangan kohort retrospektif. Data yang digunakan berasal dari rekam medis pasien dengan kelompok kasus dan kontrol, serta keduanya diobservasi dalam waktu yang sama. Hasil: Hasil penelitian didapatkan hubungan bermakna antara anemia defisiensi besi pada ibu hamil dengan luaran persalinan pada bayi dengan p-value=0,034 serta hubungan yang bermakna antara anemia defisiensi besi pada kehamilan lanjut dengan usia persalinan dengan p-value=0,001. Akan tetapi tidak ditemukan hubungan antara anemia defisiensi besi pada kehamilan lanjut dengan luaran persalinan pada ibu dengan p-value=0,144. Simpulan: Anemia defisiensi besi pada kehamilan lanjut berhubungan dengan luaran persalinan yang muncul pada bayi serta usia kehamilan saat melakukan persalinan, namun tidak terdapat hubungan dengan luaran persalinan pada ibu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Anemia defisiensi besi, kehamilan, luaran persalinan.
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:10
Last Modified: 27 Dec 2023 08:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43906

Actions (login required)

View Item View Item