PERBEDAAN KADAR GULA DARAH PUASA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER OBESITAS DAN NON-OBESITAS DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

Sicillia Putri, Atari (2023) PERBEDAAN KADAR GULA DARAH PUASA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER OBESITAS DAN NON-OBESITAS DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah KTI_Sicillia Putri Atari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Ringkasan KTI_Sicillia Putri Atari.pdf

Download (252kB)

Abstract

Latar Belakang: Obesitas merupakan masalah kesehatan global yang dialami tidak hanya oleh negara maju tetapi juga negara berkembang. Menurut data Kemenkes RI (2018), 13,6% kelompok usia 18 tahun ke atas mengalami kelebihan berat badan dan sebanyak 15,4% mengalami obesitas (IMT ≥ 27). Sedangkan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berdasarkan data Riskesdas (2018) angka obesitas sebesar 25% pada kelompok usia ≥15 tahun. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa obesitas dapat menyebabkan resistensi insulin yang berdampak pada peningkatan kadar gula darah dan jika terjadi secara terus menerus maka akan bermanifestasi menjadi penyakit diabetes melitus. Tujuan: Mengetahui perbedaaan kadar gula darah puasa pada mahasiswa Pendidikan Dokter obesitas dan non-obesitas di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan bulan Mei-Agustus 2023 pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik total sampling. Subjek penelitian yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dibagi menjadi dua kelompok, yaitu obesitas dan non-obesitas (normoweight). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji komparasi tidak berpasangan Mann Whitney. Hasil: Hasil analisis data pada 75 subjek penelitian yang dibagi ke dalam dua kelompok, diperoleh bahwa rerata kadar gula darah puasa pada kelompok obesitas sebesar 86,40 mg/dl, lebih tinggi dibandingkan kelompok normoweight sebesar 77,30 mg/dl. Terdapat perbedaan yang bermakna pada kadar gula darah puasa vii yang dibuktikan melalui uji Mann Whitney dengan nilai signifikansi (p) adalah 0,003. Kesimpulan: Terdapat perbedaan bermakna kadar gula darah puasa (GDP) obesitas dan non-obesitas pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Diabetes Mellitus Type 2, Gula Darah Puasa, IMT
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:11
Last Modified: 27 Dec 2023 08:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43913

Actions (login required)

View Item View Item