TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RSUD KOTA MATARAM PERIODE SEPTEMBER 2023

AFIFAH, NURHIDAYAH (2023) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RSUD KOTA MATARAM PERIODE SEPTEMBER 2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DRAF SKRIPSI FIX_AFIFAH NURHIDAYAH...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Draff Jurnal Artikel Skripsi Afifah Nurhidayah.pdf

Download (264kB)

Abstract

Rumah sakit merupakan sarana pelayanan kesehatan yang memiliki berbagai pelayanan salah satunya pelayanan kefarmasian. Pelayanan kefarmasian yang diberikan dapat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien sehingga berdampak pada minat untuk kembali berkunjung ke rumah sakit. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator mutu pelayanan, karena kepuasan yang tinggi menjadi indikasi keterampilan pelayanan yang memenuhi standar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian berdasarkan 5 dimensi bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan kepedulian di Instalasi Farmasi RSUD Kota Mataram Periode September 2023. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan cross-sectional yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan kuesioner yang diadopsi dari Pontoan et al., 2020 dengan nilai validitas (0,928) dan reliabilitas (0,60-0,90) yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada 120 responden di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Kota Mataram dan dianalisis dengan teknik scoring skala likert dan menghitung gap analysis antara kepuasan dan harapan. Hasil penelitian berdasarkan konsep servqual didapatkan tingkat kepuasan pada dimensi bukti fisik (78,83%), kehandalan (76,47%) dan tingkat harapan pada dimensi ketanggapan (93,50%), kepedulian (93,97%) termasuk dalam pelayanan kefarmasian puas dan sangat puas. Berdasarkan perhitungan gap analysis didapatkan pada seluruh dimensi bernilai negatif berarti bahwa tingkat kepuasan dan harapan pasien adalah tidak puas. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelayanan kefarmasian tingkat kepuasan dan harapan pasien pada pelayanan kefarmasian puas dan sangat puas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kepuasan pasien, pelayanan kefamasian, rumah sakit.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:11
Last Modified: 27 Dec 2023 08:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43922

Actions (login required)

View Item View Item