HUBUNGAN LAMA MENJALANI HEMODIALISIS DAN SEVERITAS ANEMIA DEFISIENSI BESI PADA PASIEN DENGAN PENYAKIT GINJAL KRONIS YANG SEDANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUD KOTA MATARAM

Adli Putra, Nugraha (2023) HUBUNGAN LAMA MENJALANI HEMODIALISIS DAN SEVERITAS ANEMIA DEFISIENSI BESI PADA PASIEN DENGAN PENYAKIT GINJAL KRONIS YANG SEDANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUD KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH KTI CD_ADLI PUTRA NUGRAHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
RINGKASAN KTI_Adli Putra Nugraha.pdf

Download (281kB)

Abstract

Latar Belakang: Data kasus PGK di Indonesia cukup tinggi. Berdasarkan data dari WHO, jumlah pasien PGK di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 2,5 juta orang pada tahun 2016. Pada gagal ginjal tahap akhir atau stadium 5, salah satu terapi pengganti ginjal yaitu Hemodialisis (HD). Anemia merupakan salah satu masalah yang umum terjadi pada penderita penyakit ginjal kronis, terutama yang menjalani HD. Anemia yang sering dialami pada pasien yang menjalani terapi biasanya disebabkan oleh defisiensi eritropoetin, tetapi dapat juga disebabkan oleh defisiensi besi. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait hubungan antara lama menjalani HD dengan severitas anemia defisiensi besi pada pasien HD. Metode: Penelitian ini merupakan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan menggunakan teknik non probability sampling yaitu consecutive sampling. Terdapat 68 data pasien HD yang masuk kriteria inklusi. Pengambilan data menggunakan catatan rekam medik. Analisis statistik dilakukan dengan SPSS, menggunakan uji Spearman. Hasil: Total 68 kasus HD dianalisis selama periode bulan Agustus 2023 – September 2023. Jenis kelamin subjek penelitian terdiri dari 43 laki-laki (63,2%) dan 25 perempuan (36,8%). Usia subjek penelitian memiliki rata-rata 56,1 tahun ± 10,6 tahun. Median lama hemodialisis subjek adalah 16 bulan. Rentang lama hemodialisis subjek berkisar antara 2 hingga 78 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa median dari data Hb adalah 8,9 mg/dl. Median dari data transferrin adalah 14%. Median dari data ferritin adalah 779,9 ng/ml. Simpulan: Tidak ditemukan korelasi yang signifikan antara lama HD dengan kadar hemoglobin, usia, dan jenis kelamin, saturasi transferrin dengan usia dan jenis kelamin, dan kadar ferritin dengan lama HD, usia, dan jenis kelamin.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penyakit Ginjal Kronis, Hemodialisis, Severitas Anemia Defisiensi Besi
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:11
Last Modified: 27 Dec 2023 08:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43927

Actions (login required)

View Item View Item