HUBUNGAN ANTARA KADAR NEUTROPHIL-LYMPHOCYTE RATIO (NLR) DENGAN LAMA RAWAT INAP PADA PASIEN PNEUMONIA PEDIATRIK DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM (RSUM)

Ulul, Azmi (2023) HUBUNGAN ANTARA KADAR NEUTROPHIL-LYMPHOCYTE RATIO (NLR) DENGAN LAMA RAWAT INAP PADA PASIEN PNEUMONIA PEDIATRIK DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM (RSUM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI - Ulul Azmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Naskah Ringkasan - Ulul Azmi.pdf

Download (392kB)

Abstract

Latar Belakang: Pneumonia merupakan penyakit yang paling sering terjadi dan paling banyak menyebabkan morbiditas dan mortalitas pada anak. Pada tahun 2021 Provinsi Nusa Tenggara Barat menduduki peringkat 5 dengan penemuan pneumonia pada balita tertinggi sebesar 35,7% di Indonesia. NLR dapat dijadikan sebagai prediktor prognosis luaran bagi pasien pneumonia yang berkaitan dengan lama rawat inap pasien di rumah sakit. Namun hingga saat ini belum banyak penelitian yang membahas tentang kaitan antara kadar NLR dengan lama rawat inap dan minimnya penerapan dalam praktik sehari-hari sehingga penggunaan biomarker NLR terhadap luaran pasien pneumonia yang dilakukan melalui penilaian lama rawat inap di rumah sakit perlu dievaluasi. Tujuan Penelitian: Menganalisis hubungan antara kadar NLR dengan Lama Rawat Inap pada Pasien Pneumonia Pediatrik di Rumah Sakit Universitas Mataram. Metode: Desain penelitian cross sectional study. Populasi penelitian adalah pasien pneumonia pediatrik di RS Universitas Mataram. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling dan sebanyak 47 responden diikutkan dalam penelitian ini. Hasil: Sebanyak 47 sampel yang memenuhi kriteria inklusi digunakan dalam sampel penelitian ini. Jenis kelamin laki-laki (66%), usia 1 bulan sampai 1 tahun (59%), memiliki gizi baik/normal (61,7%), dan datang dengan keluhan utama demam (36,2%). Hasil analisis didapatkan hubungan yang signifikan antara kadar NLR dengan lama rawat inap pasien pneumonia pediatrik di RS Universitas Mataram (p value= 0,007). Simpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara kadar NLR dengan lama rawat inap pasien pneumonia pediatrik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): NLR, Lama Rawat Inap,Pneumonia Anak
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:43
Last Modified: 28 Dec 2023 02:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43928

Actions (login required)

View Item View Item