PENYELESAIAN SENGKETA PERTANAHAN SECARA NON LITIGASI DI KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG/BADAN PERTANAHAN NASIONAL (BPN) KOTA MATARAM

BAIQ HANA, SULHIA (2023) PENYELESAIAN SENGKETA PERTANAHAN SECARA NON LITIGASI DI KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG/BADAN PERTANAHAN NASIONAL (BPN) KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ HANA SULHIA (D1A020095-Perdata).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL BQ HANA SULHIA (CD).pdf

Download (734kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menjawab sejauh mana efektivitas penyelesaian sengketa tanah secara mediasi di kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Mataram. Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan metode pendekatan Perundang-undangan, konseptual dan sosiologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penyelesaian sengketa pertanahan di Kantor Pertanahan Kota Mataram berdasarkan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Penanganan dan Penyelesaian Kasus Pertanahan melalui mediasi berjalan secara baik dan optimal. Namun dari segi pelaksanaannya dinilai kurang efektif karena jumlah sengketa pertanahan yang berhasil diselesaikan melalui jalur non litigasi hanya sedikit, sehingga menyebabkan penumpukkan perkara pada pengadilan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Badan Pertanahan Nasional, Non Litigasi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:27
Last Modified: 03 Jan 2024 06:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43947

Actions (login required)

View Item View Item