PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP DRIVER ONLINE YANG MENDAPAT ORDERAN FIKTIF

I MADE ARYA, WIGUNA (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP DRIVER ONLINE YANG MENDAPAT ORDERAN FIKTIF. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-i made arya wiguna-D1A020223-complete.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL-i made arya wiguna-D1A020223.pdf

Download (637kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pertanggungjawaban perusahaan teknologi penyelenggara sistem elektronik terhadap kerugian yang dialami oleh driver online akibat dari orderan fiktif yang dilakukan oleh konsumen dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh perusahaan teknologi penyelenggara sistem elektronik untuk meminimalisir orderan fiktif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian hukum normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Pertanggungjawaban yang diberikan oleh Gojek kepada driver yang mengalami orderan fiktif yaitu menginvestigasi, menyediakan fitur keamanan serta menanggapi keluhan para driver, dan mengambil tindakan yang sesuai untuk melindungi mitra drivernya, hal ini mencakup pengembalian uang kepada driver jika terbukti bahwa orderan tersebut merupakan orderan fiktif. Jumlah uang yang digantikan oleh Gojek tidak termasuk ongkos kirim, sehingga uang yang digantikan oleh Gojek kepada driver hanya jumlah nominal orderan yang tidak dibayarkan oleh konsumen. Upaya yang dilakukan oleh perusahaan teknologi penyelenggara sistem elektronik untuk meminimalisir orderan fiktif yaitu dengan memberikan pelatihan kepada driver online, memberikan sanksi kepada konsumen yang melakukan orderan fiktif, memberikan fitur batas nominal penggunaan uang tunai pada aplikasi Gopartner, memberikan fitur rating kepada konsumen, memberikan layanan call center dan laporan secara online.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Orderan Fiktif, Driver online, Perusahaan Teknologi Penyelenggara Sistem Ekektronik, Perlindungan Hukum
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:27
Last Modified: 03 Jan 2024 06:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43948

Actions (login required)

View Item View Item