KARAKTERISASI PROTEIN SERUM AYAM BROILER YANG DIISOLASI DENGAN KOMBINASI AMMONIUM SULFAT 50% DAN KOLOM SEPHADEX G75

INDRA RAHMAT, RIYADI (2023) KARAKTERISASI PROTEIN SERUM AYAM BROILER YANG DIISOLASI DENGAN KOMBINASI AMMONIUM SULFAT 50% DAN KOLOM SEPHADEX G75. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TETAP INDRA RAHMAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL TETAP INDRA RAHMAT_104454.pdf

Download (397kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengarakterisasi protein serum ayam broiler yang diisolasi dengan kombinasi ammonium sulfat 50% dan kolom Sephadex G-75. Ayam broiler merupakan salah satu komoditi yang menghasilkan produk berupa daging dengan berbagai keunggulan. Namun ayam broiler juga memiliki kelemahan, yaitu sangat rentan terhadap penyakit. Serum umum digunakan sebagai bahan untuk pemeriksaan kondisi fisiologis suatu ternak. Serum dapat digunakan untuk berbagai macam pengujian seperti, mendeteksi infeksi penyakit, bakteri, parasit, virus, toksin. Dengan begitu, waktu penyakit dapat diprediksi serta penanganan penyakit dapat diantisipasi lebih dini. Berdasarkan hal tersebut maka perlu diteliti tentang karakter protein dalam serum ayam broiler, maka diharapkan akan membuka peluang untuk mengembangkan pemeriksaan fisiologi ternak unggas, khususnya ayam broiler berbasis protein serum. Pada penelitian ini serum diambil dengan cara menampung darah dari ayam broiler yang disembelih pada bagian lehernya. Kontainer yang telah berisi darah diletakkan dalam ice box yang berisi batu es dan segera dibawa ke laboratorium. Kemudian darah disentrifius untuk memperoleh serum. Kemudian protein serum diisolasi pertama-tama menggunakan ammonium sulfat 50% kemudian dengan kolom Sephadex G-75 untuk memperoleh fraksi sampel dengan kemurnian yang tinggi. Berat molekul selanjutnya ditentukan menggunakan metode SDS-PAGE. Sampel yang diukur diantaranya terdiri dari serum ayam broiler tanpa perlakuan, serum ayam broiler yang diisolasi dengan ammonium sulfat 50% dan serum yang diisolasi dengan kombinasi ammonium sulfat 50% dan kolom Sephadex G75 yang terdiri dari fraksi 4, fraksi 8 dan fraksi 13. Hasil menunjukkan bahwa pada serum tanpa perlakuan tampak pita protein sebanyak 4 dengan berat molekul 134.57 kDa, 73.31 kDa, 56.91 kDa, 29.47 kDa., sementara itu, untuk sampel yang diisolasi dengan ammonium sulfat 50% tampak 3 pita dengan berat molekul 121.61 kDa, 51.43 kDa, dan 28.02 kDa, sedangkan untuk fraksi 4 terdapat 2 pita protein dengan berat 32.61 kDa. Kemudian untuk fraksi 8 terdapat pita protein dengan berat molekul 20.68 kDa, dan untuk fraksi 13 juga terdapat pita protein dengan berat molekul 18.69 kDa. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa protein serum ayam broiler dapat diisolasi menggunakan kombinasi ammonium sulfat 50% dan kolom Sephadex G-75. Isolasi menggunakan kolom Sephadex G-75 memberikan hasil yang lebih murni.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Karakterisasi protein serum ayam broiler, isolasi protein, ammonium sulfat, kolom Sephadex G-75, SDS-PAGE.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:27
Last Modified: 03 Jan 2024 06:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43950

Actions (login required)

View Item View Item