PENGUJIAN AKTIVITAS PEREDAMAN RADIKAL BEBAS ABTS (2,2-Azinobis (3-ethylbenzothiazoline-6-sulfonic acid) FRAKSI ETIL ASETAT DAUN MERAH KASTUBA (Euphorbia pulcherrima Willd.) SERTA IDENTIFIKASI METABOLIT SEKUNDERNYA

AULIA, PUTRI (2023) PENGUJIAN AKTIVITAS PEREDAMAN RADIKAL BEBAS ABTS (2,2-Azinobis (3-ethylbenzothiazoline-6-sulfonic acid) FRAKSI ETIL ASETAT DAUN MERAH KASTUBA (Euphorbia pulcherrima Willd.) SERTA IDENTIFIKASI METABOLIT SEKUNDERNYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DRAFT SKRIPSI_AULIA PUTRI (K1A019009).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DRAFT JURNAL SKRIPSI_AULIA PUTRI.pdf

Download (618kB)

Abstract

Daun merah kastuba (Euphorbia pulcherrima Willd.) merupakan tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat disentri, luka, dan patah tulang. Ekstrak etanol daun merah kastuba mengandung senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan seperti flavonoid, terpenoid, dan tanin. Penelitian sebelumnya melaporkan bahwa fraksi etil asetat daun merah kastuba memiliki aktivitas penangkapan radikal DPPH dengan nilai IC50 sebesar 13,67 ppm dan asam askorbat sebesar 11,78 ppm. Akan tetapi, pengujian aktivitas antioksidan dengan metode DPPH tidak bisa menganalisis senyawa yang bersifat hidrofilik, sehingga diperlukan metode yang bisa menganalisis senyawa antioksidan yang bersifat hidrofilik maupun lipofilik seperti ABTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas peredaman radikal bebas ABTS oleh fraksi etil asetat daun merah kastuba serta mengetahui kandungan metabolit sekundernya dengan GC-MS. Daun merah kastuba dimaserasi dengan etanol 96% dan difraksinasi menggunakan etil asetat dan air (1:1), kemudian dilakukan identifikasi senyawa dengan GC-MS. Fraksi etil asetat daun merah kastuba menggunakan metode ABTS memiliki nilai IC50 sebesar 47,54 ppm dan asam askorbat sebesar 15,04 ppm. Hasil identifikasi senyawa dengan GC-MS menunjukkan fraksi etil asetat daun merah kastuba mengandung senyawa yaitu setil etilen, 2-cyclohexen-1-one, metil palmitat, asam palmitat, 1- nonadekena, metil oleat, phytol isomer, asam linoleat, asam stearat, muscalure, dan asam 1,2-benzenedikarboksilat. Senyawa-senyawa tersebut merupakan golongan terpenoid, asam lemak, dan fenolik. Analisa independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna pada nilai IC50 asam askorbat dengan nilai IC50 fraksi etil asetat daun merah kastuba. Fraksi etil asetat daun merah kastuba memiliki aktivitas peredaman radikal bebas ABTS yang sangat kuat sehingga potensial dikembangkan menjadi pengobatan penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Antioksidan, Euphorbia pulcherrima Willd., metode ABTS.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Jan 2024 06:58
Last Modified: 04 Jan 2024 06:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43951

Actions (login required)

View Item View Item