PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PAKAN BUATAN DAN MAGGOT (Hermetia illucens) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Ir, yanti (2023) PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PAKAN BUATAN DAN MAGGOT (Hermetia illucens) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Iryanti_C1K019037_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Iryanti_C1K019037_Artikel Ilmiah.pdf

Download (362kB)

Abstract

Harga pakan ikan yang semakin meningkat mengakibatkan semakin menurunnya penghasilan yang diperoleh pembudidaya. Salah satu bahan pakan alternatif sebagai sumber protein hewani yang bisa disiapkan secara mandiri oleh petani adalah maggot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan maggot yang dikombinasi dengan pelet terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan nila. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimental, menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dengan 3 kali ulangan, yaitu P1 (pelet 100%), P2 (pemberian pakan selang-seling, maggot pada pagi hari dan pakan pelet pada siang dan sore hari), P3 (pemberian pakan selang-seling, 1 hari pakan maggot dan 1 hari pakan pelet), P4 (pemberian pakan selang-seling, 2 hari pelet dan 1 hari maggot). Hasil dari Jumlah Konsumsi (JKP) Pakan pada perlakuan P1 dan perlakuan P3 sebesar 22,33 - 22,67 gram. Hasil rata-rata JKP pada perlakuan P1 dan P3 tidak berbeda (p>0,05). Hasil menunjukkan bahwa maggot sebagai pakan tidak menurunkan penerimaan pakan oleh ikan yang artinya bahwa palatabilitas maggot dapat diterima oleh ikan. Pertumbuhan bobot mutlak dan bobot harian yang tinggi ada pada perlakuan P3. Maggot yang dikombinasikan dengan pelet menghasilakan pertumbuhan ikan nila yang lebih baik jika hanya diberikan pelet saja. Efisiensi Pemanfaatan Pakan (EPP) pada perlakuan P3 lebih tinggi (p<0,05) dari perlakuan lainnya. Besar kecilnya EPP dapat dilihat dari nilai konversi pakan pada setiap perlakuan, dimana perlakuan P3 nilai konversi pakannya lebih rendah dibandingkan perlakuan lainnya. Pakan berupa maggot tidak mempengaruhi tingkat kelangsungan hidup. Kualitas air juga masih dalam kisaran yang normal untuk kehidupan ikan nila.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ikan Nila, Maggot, Tingkat Kelangsungan Hidup, Pakan Buatan, Pertumbuhan
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:48
Last Modified: 08 Jan 2024 03:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43969

Actions (login required)

View Item View Item