MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN METODE WAWANCARA ANTARTEMAN SEBAYA SISWA KELAS VIII B SMPN 19 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010-2011

SAPTIWANA, LENY (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN METODE WAWANCARA ANTARTEMAN SEBAYA SISWA KELAS VIII B SMPN 19 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI 301010.doc
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Wawancara antarteman Sebaya Siswa Kelas VIII B SMPN 19 Mataram Tahun Pelajaran 2010-2011” ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa kelas VIII B SMPN 19 Mataram dalam keterampilan “Berbicara” artinya siswa kurang bisa menanggapi/merespon materi pelajaran yang disampaikan oleh gurunya. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan metode wawancara antarteman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas VIII B SMPN 19 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Ketuntasan Klasikal Minimal (KKM) yang harus dicapai yaitu 85% dengan Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) 65. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode wawancara antarteman sebaya dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII B SMPN 19 Mataram. Peningkatan tersebut dideskripsikan sebagai berikut, bahwa nilai tertinggi siklus I adalah 79 sedangkan pada siklus II adalah 91,6 mengalami peningkatan sebesar 12,6. nilai terendah pada siklus I adalah 50 dan pada siklus II sebesar 66,7 mengalami peningkatan sebesar 16,7. Jumlah siswa tuntas pada siklus I sebesar 30 orang dan jumlah siswa belum tuntas sebanyak 10 siswa. Jumlah siswa tuntas pada siklus II adalah 40 orang dan tidak tuntas 0 orang. Pada siklus I ketuntasan kasikal mencapai 75% dan Siklus II ketuntasan klasikal mencapai 100% yang berarti mengalami peningkatan 25%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan berbicara, wawancara.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 May 2018 05:00
Last Modified: 30 May 2018 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4397

Actions (login required)

View Item View Item