KOMUNIKASI PERSUASIF USTAZ DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SANTRI DI PONDOK PESANTREN ASHHABURAUDLAH PAOK LOMBOK KECAMATAN SURALAGA LOMBOK TIMUR

Tri Oktaviani, Novasari (2023) KOMUNIKASI PERSUASIF USTAZ DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SANTRI DI PONDOK PESANTREN ASHHABURAUDLAH PAOK LOMBOK KECAMATAN SURALAGA LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TRI OKTAVIANI NOVASARI siap print).docx 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
jurnal SARI 2.pdf

Download (320kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif yang diterapkan ustaz kepada santri dalam membentuk karakter religius santri di Pondok Pesantren Ashhaburraudlah Paok Lombok Kecamatan Suralaga Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi persuasif yang diterapkan di Pondok Pesantren Ashhaburraudlah dilakukan dengan penyampaian komunikasi verbal secara lemah lembut kepada santri tanpa ada unsur paksaan dan kekerasan. Komunikasi persuasif yang dilakukan ustaz kepada santri membantu dalam mengubah sikap santri menjadi lebih baik dan sesuai yang diarahkan dan diajarkan ustaz-nya. Perubahan sikap itu terjadi karena akibat dari komunikasi persuasif dari ustaz/pembina di pondok pesantren. Komunikasi persuasif dalam bentuk bimbingan, pengajian, dan tausyiah juga dilakukan pembina/ustaz di Pondok Pesantren Ashhaburraudlah untuk mengajarkan dan mengarahkan santri dan membentuk karakter religius santri seperti beriman, disiplin, dan taat beribadah, serta berakhlak baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): komunikasi persuasif, karakter religius, santri
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:09
Last Modified: 09 Jan 2024 07:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43981

Actions (login required)

View Item View Item