TANGGUNG JAWAB HUKUM DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN KABUPATEN LOMBOK TIMUR TERHADAP PEREDARAN DAGING SEHAT KONSUMSI

IZZA ZULIYA, ROHMAN (2023) TANGGUNG JAWAB HUKUM DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN KABUPATEN LOMBOK TIMUR TERHADAP PEREDARAN DAGING SEHAT KONSUMSI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IZZA ZULIYA ROHMAN.ttd.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL IZZA ZULIYA ROHMAN .pdf

Download (398kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan, peran dan kewenangan dinas peternakan dan kesehatan hewan Kabupaten Lombok Timur dalam melindungi konsumen atas beredarnya daging sehat konsumsi dan untuk mengetahui tanggung jawab hukum dinas peternakan dan kesehatan hewan Kabupaten Lombok Timur terhadap beredarnya daging sehat konsumsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian hukum empiris. Hasil penelitian ini yaitu Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lombok Timur berperan sebagai penjamin peredaran produk asal hewan yang diedarkan di wilayah Kabupaten Lombok Timur agar memenuhi kriteria aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH) bagi konsumsi masyarakat. Dalam rangka menjamin produk hewan sesuai kewenangannya, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan berwenang melaksakan pengawasan, pemeriksaan, pengujian, standarisasi, sertifikasi, dan registrasi produk hewan. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lombok Timur turut bertanggung jawab atas kerugian dalam peredaran daging yang tidak sehat, baik kerugian materiil atau kerugian immaterial.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tanggung Jawab, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Daging Sehat Konsumsi
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:36
Last Modified: 10 Jan 2024 03:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43984

Actions (login required)

View Item View Item