PENGARUH PENGETAHUAN MENGENAI HIPERTENSI TERHADAP TINGKAT PENGENDALIAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN POLI JANTUNG DI RSUD PROVINSI NTB

Latifah, Mukhlisatunnafsi (2023) PENGARUH PENGETAHUAN MENGENAI HIPERTENSI TERHADAP TINGKAT PENGENDALIAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN POLI JANTUNG DI RSUD PROVINSI NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI Latifah Fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Naskah Ringkasan KTI_Latifah M_H1A020059.pdf

Download (149kB)

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi adalah penyakit yang menimbulkan risiko penyakit jantung serta penyakit lain dan diperkirakan menyebabkan 7,5 juta kematian per tahun di seluruh dunia. Prevelansi kejadian hipertensi berdasarkan data WHO di seluruh dunia sekitar 26,4%. Menurut riskesdas tahun 2018, kejadian hipertensi di Indonesia berdasarkan pengukuran berjumlah sekitar 34,11% dan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sekitar 27,80% sehingga menempatkan NTB diperingkat ke 26 dari 34 provinsi. Latar belakang pendidikan, pekerjaan, dan usia dapat berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan dan kesadaran seseorang dalam kesehatan. Studi lain juga menunjukkan bahwa pengetahuan terhadap hipertensi yang rendah dapat berpengaruh pada ketidakpatuhan terhadap pengobatan antihipertensi. Tujuan: Mengetahui perbedaan pengaruh pengetahuan mengenai hipertensi terhadap tingkat pengendalian tekanan darah pada pasien Poli Jantung Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional study. Penelitian menggunakan sumber data primer. Hasil: Subjek pada penelitian ini adalah pasien hipertensi primer dengan jumlah subjek 76. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan nilai p<0,001 (p<0,05) yang berarti terdapat pengaruh pengetahuan mengenai hipertensi terhadap tingkat pengendalian tekanan darah pada pasien. Kesimpulan: Terdapat perbedaan pengaruh pengetahuan mengenai hipertensi terhadap tingkat pengendalian tekanan darah pada pasien.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hipertensi, Pengetahuan, Pengendalian Tekanan Darah
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:36
Last Modified: 10 Jan 2024 03:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43988

Actions (login required)

View Item View Item