PENERAPAN METODE PQRST DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN UNTUK MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR INTRINSIKNYA PADA SISWA KELAS VII.1 SMPN 1 PRAYA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

AFDHAL, LALU MUHAMMAD RAQIB (2010) PENERAPAN METODE PQRST DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN UNTUK MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR INTRINSIKNYA PADA SISWA KELAS VII.1 SMPN 1 PRAYA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1,2,DAN 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
BAB 4 DAN 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keterampilan membaca, mengingat keterampilan membaca merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam setiap pembelajaran, karena sebagian besar kegiatan belajar dilakukan dengan kegiatan membaca. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas guru dan siswa, prestasi belajar siswa, dan ketepatan penerapan metode PQRST dalam pembelajaran membaca cerpen untuk mengidentifikasi unsur-unsur intrinsiknya pada siswa kelas VII.1 SMPN 1 Praya Timur. Sedangkan tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, prestasi belajar siswa, dan ketepatan penerapan metode PQRST dalam pembelajaran cerpen untuk mengidentifikasi unsu-unsur intrinsiknya pada siswa kelas VII.1 SMPN 1 Praya Timur. Dan manfaat penelitian ini salah satunya adalah sebagai masukan kepada siswa untuk menambah pengetahuan dalam kreativitas membaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode observasi. Metode tes adalah pertanyaan atau latihan serta alat lain yaang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan intlegensi kemampuan dan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Sedangkan metode observasi adalah metode yang digunakan untuk melengkapi data yang ada yaitu berupa format atau belangko pengamatan. Berdasarkan hasil tindakan, dapat diketahui bahwa semua siswa antusias dalam pelaksanaan metode membaca PQRST pada proses pembelajaran. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum diterapkannya metode PQRST yaitu 65,58 sedangkan setelah diterapkannya metode PQRST nilai rata-rata siswa yaitu 70,93. Sedangkan kepatan penerapan metode PQRST yang dicapai siswa yaitu 5,35 atau sebanyak 8,15%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode PQRST dalam pembelajaran membaca cerpen mempunyai keunggulan dibanding dengan tidak diterapkannya metode tersebut pada subjek yang sama.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode PQRST, Cerpen, dan Unsur-unsur Intrnsik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 May 2018 05:00
Last Modified: 30 May 2018 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4399

Actions (login required)

View Item View Item