IDENTIFIKASI SPESIES TUMBUHAN PAKU (Pteridophyta) DI KAWASAN TAMAN WISATA ALAM SURANADI KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2023

RENI, ANGGRIANI (2023) IDENTIFIKASI SPESIES TUMBUHAN PAKU (Pteridophyta) DI KAWASAN TAMAN WISATA ALAM SURANADI KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RENI ANGGRIANI (E1A019081),.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
ARTIKEL7.+Anggraini,+231206.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies tumbuhan paku (Pteridophyta) dan untuk mengetahui pola kekerabatan tumbuhan paku (Pteridophyta) di Kawasan Taman Wisata Alam Suranadi Kabupaten Lombok Barat. Penelitian dilakukan pada bulan Juni sampai Juli 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan metode jelajah, dengan luas area jelajah yaitu 52 Ha. Sampel penelitian ini adalah tumbuhan paku (Pteridophyta) yang ditemukan pada lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, identifikasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Taman Wisata Alam Suranadi terdapat 3 ordo, 10 famili, 16 genus dan 33 spesies tumbuhan paku. Pola pengelompokkan tumbuhan paku digambarkan dalam bentuk dendogram, dendogram dibuat menggunakan Aplikasi NTSYS. Pada penelitian ini, tingkat kekerabatan paling dekat adalah spesies Christella parasitica dengan spesies Christella subpubescens yaitu sebesar 94 %. Sedangkan tumbuhan paku yang tingkat kekerabatannya paling jauh adalah spesies dari famili Polypodiaceae dan spesies dari famili Thelypteridaceae, dengan tingkat kekerabatan sebesar 50 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): identifikasi tumbuhan paku, kekerabatan tumbuhan paku, Taman Wisata Alam Suranadi.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:36
Last Modified: 10 Jan 2024 03:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43990

Actions (login required)

View Item View Item