PENERAPAN STRATEGI EKSPOSITORI (SE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V (LIMA) SDN 16 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009/2010

WIRAGUNA, LALU AGUS (2010) PENERAPAN STRATEGI EKSPOSITORI (SE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V (LIMA) SDN 16 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bedasarkan pada permasalahan kurang optimalnya kemampuan menyimak siswa dalam menerima pelajaran, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penerapan Strategi Ekspositori (SE) merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah Penerapan Strategi Ekspositori (SE) Dapat Meningkatkan Keterampilan Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V (Lima) Sekolah Dasar Negeri 16 Mataram Tahun Pelajaran 2009/2010?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan Strategi Ekspositori (SE) dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Penerapan Strategi Ekspositori dilakukan pada siswa kelas V (Lima) SDN 16 mataram tahun peajaran 2009/2010. Menyimak merupakan suatu proses mendengarkan dan menangkap makna pesan dengan penuh perhatian, pemahaman, interpretasi lambang-lambang lisan, dan apresiasi untuk mendapatkan fakta, makna isi, serta mereaksi (merespon) atas makna yang terkandung di dalamnya. Strategi Ekspositori (SE) adalah perencanaan pembelajaran yang menekankan pada penyampaian materi secara verbal lisan oleh guru terhadap sekelompok siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahap siklus. Penilaian akademik dilakukan melalui penilaian proses dan penilaian hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menyimak dengan ketuntasan rata-rata siswa pada siklus I mencapai 80,54 %. Sedangkan pada siklus II ketuntasan rata-rata siswa mencapai 90,17 %. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah keterampilan menyimak siswa meningkat menggunakan Strategi Ekspositori (SE) siswa kelas V (lima) SDN 16 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi, Ekspositori, Menyimak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 May 2018 05:00
Last Modified: 30 May 2018 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4400

Actions (login required)

View Item View Item