TINJAUAN YURIDIS WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN JUAL BELI HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN (Study Putusan Pengadilan Negeri Bukit Tinggi Nomor 40/Pdt.G/2022/PN Bkt)

EMA, NURKHALIZA (2023) TINJAUAN YURIDIS WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN JUAL BELI HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN (Study Putusan Pengadilan Negeri Bukit Tinggi Nomor 40/Pdt.G/2022/PN Bkt). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EMA NURKHALIZA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL ILMIAH EMA .pdf

Download (566kB)

Abstract

Wanprestasi yang terjadi pada perjanjian jual beli yang telah disepakati oleh kedua belah pihak antara Sapta Yuriko Widodo dengan PT. Miftahul Jannah Sejahtera Karya/PT.MS Karya terdapat permasalahan yaitu PT. Miftahul Jannah Sejahtera Karya/PT. MS Karya tidak mengembalikan uang yang telah disetorkan oleh Sapta Yuriko Widodo sebagaimana dengan surat pembatalan perjanjian jual beli yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dasar pertimbangan hakim pengadilan negeri bukit tinggi nomor 40/Pdt.G/2022/PN Bkt tentang wanprestasi dalam pembatalan perjanjian jual beli sebidang tanah dan bangunan serta mengetahui dan menganalisis implikasi hukum dari putusan wanprestasi terhadap perjanjian para pihak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan normatif legalitas bersifat deskriptif. Jenis data yang di gunakan terdiri atas data primer yakni peraturan perundang-undangan dan data sekunder yang berasal dari buku ataupun karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data menggunakan data kepustakaan yang di analisis secara deskriptif-deduktif. Adapun faktor kelalaian menjadi faktor utama dalam tidak terpenuhinya kewajiban pihak penjual untuk mengembalikan uang yang telah disetorkan oleh pihak pembeli.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perjanjian, Wanprestasi, Tanah dan Bangunan.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Jan 2024 08:35
Last Modified: 10 Jan 2024 08:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44004

Actions (login required)

View Item View Item