PENGARUH FREKUENSI PEMBERIAN PAKAN YANG DIPERKAYA TEPUNG MODIFIKASI KARAGINAN TERHADAP IMUNITAS UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) YANGDIINFEKSI IMNV (Infectious Myonecrosis Virus)

Kindran, Raudaty (2023) PENGARUH FREKUENSI PEMBERIAN PAKAN YANG DIPERKAYA TEPUNG MODIFIKASI KARAGINAN TERHADAP IMUNITAS UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) YANGDIINFEKSI IMNV (Infectious Myonecrosis Virus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Kindran Raudaty.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
jurnal airaha kindran.pdf

Download (296kB)

Abstract

Salah satu masalah penyakit yang sering menyerang udang vaname adalah IMNV. Udang tidak memiliki jenis antibiotik ataupun lainnya yang digunakan untuk penyembuhan terhadap virus, hanya dapat dilakukan dengan pencegahan. Salah satu bahan yang digunakan untuk pencegahan yaitu tepung modifikasi karaginan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh frekuensi dari pemberian pakan dengan penambahan tepung modifikasi karaginan terhadap imunitas udang vaname (Litopenaeus vannamei) yang diinfeksi Infectious Myonecrosis Virus (IMNV). Penelitian ini menggunakan eksperimen acak lengkap dengan lima perlakuan dan tiga ulangan. Perlakuan yang dilakukan yaitu P1 (pakan tanpa tepung modifikasi karaginan + infeksi virus imnv), P2 (pakan tanpa tepung modifikasi karaginan + infeksi NaCl 0.9%), P3 (pakan + frekuensi setiap hari pemberian tepung modifikasi karaginan 20 g/kg + infeksi virus imnv), P4 (pakan + frekuensi tiga hari sekali pemberian tepung modifikasi karaginan 20 g/kg + infeksi virus imnv) dan P5 (pakan + frekuensi lima hari sekali pemberian tepung modifikasi karaginan 20 g/kg + infeksi virus imnv). Variabel kualitas air yang diukur adalah pH, DO, suhu, salinitas dan ammoniak. Survival rate, Total Haemocyte Count (THC), Differential Haemocyte Count (DHC), Aktifitas Fagositik, Gejala klinis dan Uji fitokimia dan Berat mutlak. Nilai THC yang baik didapatkan pada perlakuan P5 yakni 20.19 x106 sel/ml. Nilai DHC yang baik untuk sel hialin terdapat pada perlakuan P5 yakni 69.3%. Sel semigranulosit yang baik terdapat pada perlakuan P1 yakni 21.3%. Sel granulosit yang baik terdapat pada P1 yakni 30.7%. Nilai AF yang baik terdapat pada P5 yakni 69.1%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hemosit, imunitas, IMNV, udang vaname, tepung modifikasi karaginan
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Jan 2024 06:49
Last Modified: 11 Jan 2024 06:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44010

Actions (login required)

View Item View Item