LONDO IHA; SEBAGAI PERKAWINAN TERLARANG DALAM SUKU MBOJO (STUDI DESKRIPTIF DI DESA KUTA KECAMATAN PARADO KABUPATEN BIMA)

DESI, RATNASARI (2023) LONDO IHA; SEBAGAI PERKAWINAN TERLARANG DALAM SUKU MBOJO (STUDI DESKRIPTIF DI DESA KUTA KECAMATAN PARADO KABUPATEN BIMA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DESI RATNASARI (E1B019034).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL DESI RATNASARI (E1B019034).pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui persepsi masyrakat tentang Londo Iha sebagai perkawinan terlarang dalam Suku Mbojo di Desa Kuta Kecamatan Parado Kabupaten Bima. (2) Untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya Londo Iha sebagai perkawinan terlarang dalam suku Mbojo di Desa Kuta Kecamatan Parado Kabupaten Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara. Tehnik analisis data yang digunakan adalah redukasi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menujukan bahawa: (1) Pada umumnya masyarakat berpendapat dan menganggap Londo Iha sebagi perkawinan terlarang ini adalah hal yang negatif yang mendatangkan aib bagi keluarga, baik dari keluarga lakilaki maupun bagi keluarga perempuan. Di Desa Kuta Londo Iha sebagai perkawinan terlarang masih terus dilakukan sampai sekarang. (2) ada beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya Londo Iha sebagai perkawinan terlarang dalam suku Mbojo di Desa Kuta Kecamatan Parado Kabupaten Bima yaitu, faktor internal dan faktor eksterna. Faktor internal meliputi Hamil diluar nika (Na’e Loko Ulu), Individu, Orang Tua dan keluarga sedangkan faktor Eksternal meliputi pengaruh lingkungan, pengaruh pergaulan, pengaruh cuaca, pengaruh ekonomi dan pengaruh pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Londo Iha; sebagi perkawinan terlarang di Desa Kuta
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Jan 2024 06:49
Last Modified: 11 Jan 2024 06:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44012

Actions (login required)

View Item View Item