Muhamad Nalan Arif, Rahmatan (2023) SIKAP BAHASA MASYARAKAT KARANG TALIWANG KECAMATAN CAKRANEGARA KOTA MATARAM: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI FIKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
JURNAL BASTRINDO _M.NALAN ARIF RAHMATAN (Rev2)..pdf Download (354kB) |
Abstract
Sikap bahasa mengacu kepada perilaku atau tindakan sebagai hasil dari proses pemikiran penutur terhadap bahasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah sikap bahasa masyarakat Karang Taliwang Kecamatan Cakranegara Kota Mataram terhadap bahasa Sumbawa yang ditinjau melalui aspek kesetiaan bahasa, kebanggaan bahasa, dan kesadaran adanya norma bahasa.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, namun untuk keperluan deskriptif dilakukan penghitungan dengan Skala Likert.Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Karang Taliwang Kecamatan Cakranegara Kota Mataram berjumlah 30 orang.Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode cakap dan metode suvei.Metode analisis data yang digunakan adalah penghitungan sederhana dengan Skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap bahasa masyarakat Karang Taliwang Kecamatan Cakranegara Kota Mataram, dikategorikan sebagai sikap yang positif. Hasil tersebut dikaji melalui tiga aspek, yaitu aspek sikap kesetiaan bahasa dikategorikan positif dengan pemerolehan skor 76,73%. Sikap kebanggan bahasa dikategorikan positif dengan skor 87,26%. Kemudian, sikap kesadaran adanya norma bahasa memiliki kategori positif, dengan pemerolehan skor 82,53%. Hasil tersebut berdasarkan pemerolehan kuesioner dengan penghitunngan skla likert.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | sikap bahasa,sosiolinguistik, Karang Taliwang, bahasa Sumbawa |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 02:25 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 02:25 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44017 |
Actions (login required)
View Item |