PENGARUH MODEL ADVANCE ORGANAIZER (AO) BERBASIS PEMBELAJARAN BERMAKNA AUSUBEL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK

YUNITA, ISTIARINI (2023) PENGARUH MODEL ADVANCE ORGANAIZER (AO) BERBASIS PEMBELAJARAN BERMAKNA AUSUBEL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUNITA ISTIARINI (E1Q019086).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Artikel Yunita Istiarini (E1Q019086).pdf

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh model advance organaizer (AO) berbasis pembelajaran bermakna Ausubel terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di SMAN 3 Selong dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI IPA semester genap. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Kelas ekperimen diberikan perlakuan khusus berupa model advance organaizer berbasis pembelajaran bermakna Ausubel sedangkan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan khusus dan tetap belajar seperti pembelajaran sebelumnya. Data penguasaan konsep fisika dengan lima alternatif jawaban dan mempertimbangkan uji validitas, reliabilitas, daya beda, taraf kesukaran soal serta analisis fungsi pengecoh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksprimen adalah 74.36 dan kelas kontrol sebesar 64.30. Data yang diperoleh terlebih dahulu di uji normalitas dan homogenitas, didapatkan kedua kelas terdistribusi normal dan homogen, kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji independen polled varian dengan hasil sedangkan = 2.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diterima dan ditolak ( ), maka model advance organaizer (AO) berbasis pembelajaran bermakna Ausubel berpengaruh terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Advance Organaizer (AO) Berbasis Pembelajaran Bermakna Ausubel, Penguasaan Konsep Fisika.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:35
Last Modified: 12 Jan 2024 07:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44022

Actions (login required)

View Item View Item