ANALISIS PERBEDAAN PENGARUH PERILAKU BERKENDARA TERHADAP PELANGGARAN DAN KECELAKAAN DENGAN PENDEKATAN MODEL DI PULAU LOMBOK, NTB

AYUDIYA AMALIA, ZAINI (2023) ANALISIS PERBEDAAN PENGARUH PERILAKU BERKENDARA TERHADAP PELANGGARAN DAN KECELAKAAN DENGAN PENDEKATAN MODEL DI PULAU LOMBOK, NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
F1A018016_Ayudiya Amalia Zaini_Naskah Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
F1A018016_Ayudiya Amalia Zaini_Artikel Ilmiah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Angka kecelakaan lalu lintas di Pulau Lombok menurut data POLDA NTB mengalami peningkatan cukup signifikan dengan jumlah kecelakaan sebanyak 1.197 (27 Desember 2022) dan didominasi oleh pengendara sepeda motor. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya pelanggaran lalu lintas dan rendahnya kesadaran masyarakat dalam menaati peraturan lalu lintas. Terdapat beberapa faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas, seperti faktor manusia (91%), faktor kendaraan (5%), faktor jalan raya (3%) dan faktor lingkungan (1%). Perbedaan perilaku mengemudi terhadap pelanggaran lalu lintas dapat disebabkan oleh beberapa aspek kemudian akan dikaitkan dengan aspek demografi Pulau Lombok. Penelitian ini dibantu oleh dua perangkat lunak aplikasi yaitu program WARPPLS dan SPSS. Pada sorfware WARPPLS dilakukan analisis untuk mengetahu nilai pengaruh antara perilaku terhadap pelanggaran dan kecelakaan lalulintas. Variabel yang akan digunakan pada software WARPPLS adalah Perilaku (B), pelanggaran (V) dan kecelakaan (A). Pada Software SPSS dilakukan pendekatan model dengan beberapa jenis model seperti Model Linear, Model Logarithmic, Model Invers, Model Quadratic, Model Cubic, dan Model Exponential. Pendekatan model yang paling sesuai untuk hubungan antar variabel dalam penelitian ini adalah “model invers”, dimana pengaruh paling kuat terhadap perilaku mengemudi secara berurutan adalah pada aspek Perempuan - Dewasa - Sarjana - SIM C - Sepeda Motor - Bekerja - ≥ Rp. 1.500.000 - < Rp. 3.000.000 dengan nilai R² = 0.845, aspek Laki-Laki - Dewasa - Sarjana - SIM C - Sepeda Motor - Bekerja - ≥ Rp. 1.500.000 - < Rp. 3.000.000 dengan nilai R² = 0.824, aspek Perempuan - Dewasa - Sarjana - SIM C - Sepeda Motor - Bekerja - ≥ Rp. 3.000.000 dengan nilai R² = 0.814, aspek Laki-Laki - Dewasa - Sarjana - NON SIM C - Mobil Pribadi - Bekerja - ≥ Rp.3.000.000 dengan nilai R² = 0.753, aspek Perempuan - Dewasa - Sarjana - NON SIM C - Mobil Pribadi - Bekerja - ≥ Rp. 3.000.000 dengan nilai R² = 0.719, aspek Laki-Laki - Remaja - Sekolah - NON SIM C - Mobil Pribadi - Tidak Bekerja - < Rp. 1.500.000 dengan nilai R² = 0.710, aspek Laki-Laki - Dewasa - Sarjana - SIM C - Sepeda Motor - Bekerja - ≥ Rp. 3.000.000 dengan nilai R² = 0.701, kemudian aspek terakhir yaitu aspek Perempuan - Remaja - Sekolah - NON SIM C - Mobil Pribadi - Tidak Bekerja - < Rp. 1.500.000 dengan nilai R² = 0.469.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perilaku pengendara, Aspek Demografi, Pendekatan Model, WARPPLS dan Program SPSS.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:35
Last Modified: 12 Jan 2024 07:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44030

Actions (login required)

View Item View Item