PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MELALUI PEMODELAN/MODELLING PADA SISWA KELAS X A SMA NEGERI 1 ¬NARMADA TAHUN PELAJARAN 2009-2010

ASMAWATI, ANGGINI FUJI (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MELALUI PEMODELAN/MODELLING PADA SISWA KELAS X A SMA NEGERI 1 ¬NARMADA TAHUN PELAJARAN 2009-2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Anggini Fuji A (Skripsi Lengkap).doc
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Metode Pemodelan pada Siswa Kelas XA SMA Negeri I Narmada Tahun Pembelajaran 2009/2010”. Dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca puisi pada siswa kelas X A SMA Negeri 1 Narmada. Adapun permasalahan yang diangkat oleh peneli adalah : Bagaimanakah peningkatan membaca puisi melalui pemodelan/modeling pada siswa kelas XA SMAN I Narmada. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca puisi pada siswa SMAN I Narmada dalam pengajaran sastra melalui pemodelan/modelling. Manfaat penelitian tersebut salah satunya adalah pengembangan teori ilmu pendidikan khususnya yang menyangkut membaca puisi pada siswa kelas X A SMA Negeri I Narmada. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaannya terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pemodelan atau modelling, studi pustaka dan metode observasi, sedangkan penganalisisan data menggunakan rumus ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca puisi dengan menggunakan metode modelling atau pemodelan pada siswa kelas X A SMA Negeri 1 Narmada tahun pembelajaran 2009/2010 mengalami peningkatan, baik dari segi proses maupun hasil. Peningkatan proses ditunjukkan dengan hampir semua indikator tindakan telah dilaksanakan oleh semua siswa. Sedangkan peningkatan hasil dapat dilihat dari nilai rata-rata tiap aspek mengalami peningkatan : 1) aspek nada dari rata-rata 66,4 pada siklus I menjadi 71,09 pada siklus II; 2) aspek tempo dari rata-rata 60,9 pada siklus I mengalami peningkatan 75,78 pada siklus II; 3) aspek diksi dari siklus I 65,6 mengalami peningkatan menjadi 75 pada siklus II; 4) aspek artikulasi dari rata-rata 64 pada siklus I menjadi 77,34 pada Siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Metode Pemodelan pada Siswa Kelas XA SMA Negeri I Narmada Tahun Pembelajaran 2009/2010”
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 May 2018 05:00
Last Modified: 30 May 2018 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4404

Actions (login required)

View Item View Item