STUDI POTENSI DEBIT SALURAN IRIGASI SEKUNDER JURANG SATE UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MINIHIDRO (PLTM) DI DESA SEPAKEK KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Jifha Yuda, Pratama (2023) STUDI POTENSI DEBIT SALURAN IRIGASI SEKUNDER JURANG SATE UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MINIHIDRO (PLTM) DI DESA SEPAKEK KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_JIFHA YUDA PRATAMA_F1A019076_SIPIL PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
ARTIKEL ILMIAH_JIFHA YUDA PRATAMA_F1A019076 PDF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kebutuhan listrik terus meningkat seiring dengan perbaikan situasi ekonomi, pertumbuhan penduduk, dan kebutuhan pembangunan. Namun, semakin langkanya bahan bakar fosil mendorong pentingnya pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) dan konservasi energi. Saat ini, beberapa daerah di Indonesia, termasuk Desa Sepakek di Kabupaten Lombok Tengah, menghadapi ketidakmerataan distribusi listrik dari Perusahaan Listrik Nasional (PLN). Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kebutuhan listrik di Desa Sepakek dengan memanfaatkan potensi Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) menggunakan debit air dan head dari saluran irigasi sekunder. Metode penelitian melibatkan studi potensi debit pada saluran irigasi sekunder, alur perancangan komponen-komponen PLTM, dan daya yang dihasilkan oleh PLTM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa debit andalan pada aliran air di saluran irigasi sekunder Jurang Sate BJS 6 dengan probabilitas 80% diperoleh debit sebesar 3,650 m3/dt dan head effektif sebesar 6,620 m. Komponen-komponen bangunan sipil PLTM termasuk bendung, intake, saluran pengarah, kolam penenang, pipa pesat, turbin, generator, powerhouse, dan tailrace channel telah dirancang sesuai dengan kebutuhan PLTM. Daya yang dihasilkan PLTM Sepakek sebesar 203,135 kWh, dan produksi tahunannya mencapai 1.779.462,068 kWh. Daya tersebut cukup menyediakan listrik untuk 165 rumah dengan daya yang teralirkan sekitar 900 kWh setiap bulan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): PLTM, debit air, head, daya listrik
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:22
Last Modified: 16 Jan 2024 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44048

Actions (login required)

View Item View Item