PERBANDINGAN ANALISIS RESIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) MENGGUNAKAN METODE HIRARC DAN METODE JSA ( STUDI PADA : PROYEK PEMBANGUNAN BENDUNGAN MENINTING LOMBOK BARAT )

TAUFIK, KURNIAWAN (2023) PERBANDINGAN ANALISIS RESIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) MENGGUNAKAN METODE HIRARC DAN METODE JSA ( STUDI PADA : PROYEK PEMBANGUNAN BENDUNGAN MENINTING LOMBOK BARAT ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Draf TA Taufik Kurniawan (F1A019174) (42).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
ARTIKEL ILMIAH(15).pdf

Download (612kB)

Abstract

Proyek pembangunan Bendungan Meninting di Lombok Barat merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Dalam mengerjakan proyek konstruksi keselamatan dan kesehatan kerja merupakan masalah yang menjadi perhatian global. Permasalahan utamanya adalah perusahaan mengabaikan peraturan K3. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran akan besarnya risiko yang dihadapi seluruh pekerja di proyek. Setiap kegiatan proyek tentunya mempunyai potensi risiko, terutama risiko yang mengancam pekerja pada suatu proyek konstruksi. Seperti proyek pembangunan bendungan Meninting. Proyek ini merupakan subjek penelitian perencanaan kesehatan dan keselamatan kerja dengan membandingkan hasil metode Hazard Identification Risk Assessment and Control (HIRARC) dan metode Job Safety Analysis (JSA) yang termasuk kategori risiko tinggi. Data dalam penelitian ini didapat melalui penyebaran kuesioner kepada pihak-pihak yang tergabung dalam pelaksanaan proyek pembangunan Bendungan Meninting. Untuk menentukan klasifikasi risiko seperti : rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi dilakukan penilaian risiko berdasarkan potensi bahaya yang didapat melalui kuesioner dan diambil presentase tertinggi, nilai yang didapat akan dianalisis dengan pedoman standar AZ/NZS 4360 : 2004 dengan menggunakan metode JSA. Hasil perbandingan kategori potensi risiko berdasarkan metode JSA potensi risiko jauh lebih banyak dibandingkan metode HIRARC sebesar 53% untuk di pekerjaan bendungan dan 68% di pekerjaan terowong pengelak dan memiliki potensi risiko tinggi lebih dominan dari pada HIRARC sebesar 26%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Risiko, Kecelakaan Kerja, Job Safety Analysis.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:22
Last Modified: 16 Jan 2024 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44049

Actions (login required)

View Item View Item