POLA KOMUNIKASI HUMAS BADAN PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH NTB DALAM MENJALANKAN PROGRAM SAMSAT DELIVERY PADA MASYARAKAT NTB

MERI INDAH, SARI (2023) POLA KOMUNIKASI HUMAS BADAN PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH NTB DALAM MENJALANKAN PROGRAM SAMSAT DELIVERY PADA MASYARAKAT NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_MERI INDAH SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
JURNAL_MERI INDAH SARI.pdf

Download (581kB)

Abstract

Samsat Delivery merupakan inovasi dari Tim Pembina Samsat NTB yang dibangun atas kerjasama Ditlantas Polda NTB dan Bappenda NTB yang memberikan layanan verifikasi ulang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) ke lokasi yang ditentukan oleh wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi Humas Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah NTB dalam menjalankan program Samsat Delivery pada masyarakat NTB. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh merupakan hasil observasi, hasil wawancara yang menggunakan purposive sampling, dan didukung dengan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan terdapat dua pola komunikasi yang digunakan Humas dalam mengkomunikasikan program samsat delivery kepada masyarakat. Pola Komunikasi Primer digunakan oleh Humas dalam pelaksanaan program samsat delivery, hal ini dibuktikan dengan diadakannya seminar dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai program samsat delivery. Selain Pola Komunikasi Primer, ditemukan adanya Pola Komunikasi Sekunder yang menjadi salah satu pola yang juga digunakan dalam pelaksanaan program samsat delivery yaitu penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua setelah memakai lambang pada media pertama.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola Komunikasi, Samsat Delivery
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:22
Last Modified: 16 Jan 2024 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44050

Actions (login required)

View Item View Item