PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN FLIP PDF PROFESSIONAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

SYARFUL, ANNAM (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN FLIP PDF PROFESSIONAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS SYARFUL ANNAM (NIM. I2E022015).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
ARTIKEL SYARFUL ANNAM (NIM. I2E022015).pdf

Download (211kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbantuan flip PDF professional berbasis problem based learning (PBL) terintegrasi kearifan lokal yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan yang dilakukan mengacu pada langkah-langkah pengembangan 4D model yaitu define, design, develop, disseminate. Produk utama yang dikembangkan yaitu e-modul serta perangkat pembelajaran yang meliputi Silabus, RPP, LKPD dan Instrumen Evaluasi. E-modul dan perangkat pembelajaran divalidasi oleh 3 ahli pendidikan Unversitas Mataram. Subjek uji coba pada penelitian ini ialah peserta didik kelas VII SMP di Mataram. Subjek uji coba sebanyak 27 peserta didik. Berdasarkan analisis data validitas menunjukkan bahwa e-modul dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan termasuk kategori sangat valid dan reliabel. Hasil analisis data kepraktisan meliputi keterlaksanaan pembelajaran, data kemampuan berpikir kritis & pemecahan masalah selama pembelajaran, respon guru dan peserta didik terhadap produk pengembangan menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dalam kategori praktis. Hasil analisis data keefektifan menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah secara umum maupun per indikator termasuk dalam kategori sedang sampai tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul berbantuan flip PDF professional berbasis problem based learning (PBL) terintegrasi kearifan lokal teruji valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): E-modul, Model Problem Based Learning, Kearifan Lokal, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:22
Last Modified: 16 Jan 2024 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44057

Actions (login required)

View Item View Item