IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SATUAN PAUD PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Rizki, Rachmadaniar (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SATUAN PAUD PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan terkait evaluasi implementasi kurikulum merdeka di satuan PAUD program sekolah penggerak yaitu di TK Islam Bina Takwa dan TK PKK Peneda Gandor Kabupaten Lombok Timur. Adapun implementasi kurikulum merdeka diawali mulai dari melakukan perencanaan, pelaksanaan sampai denganevaluasi dengan terfokus pada pengembangan kurikulum operasional satuan pendidikan, Analisis karakteristik satuan pendidikan, perencanaan pembelajaran dan assesment maupun projek penguatan profil pelajar pancasila. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun data didapat melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi dengan memanfaatkan sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, penyajian data, dan mensintesiskannya. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data dengan dilakukan uji creadibility dan Uji Confirmabilitas terhadap responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Evaluasi kurikulum merdeka dalam pelaksanaan kegiatan intakurikuler dan kokurikuler di Satuan PAUD sekolah penggerak Kabupaten Lombok Timur diawali dari hasil assesment kemudian dilakukan refleksi diri untuk menemukan kelemahan maupun kelebihan dalam menerapkan metode, media, alat bahan dan sumber belajar sehingga menjadi perbaikan kedepannya.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kurikulum merdeka, pembelajaran, asesmen, projek penguatan profil pelajar pancasila, sekolah penggerak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:22
Last Modified: 16 Jan 2024 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44060

Actions (login required)

View Item View Item