PENGGUNAAN ARANG AKTIF PELEPAH KELAPA (COCUS NUCIFERA) SEBAGAI ADSORBEN UNTUK MENURUNKAN EMISI GAS BUANG PADA KENDARAAN BERMOTOR BERBAHAN BAKAR GANDA (DUAL FUEL)

Lalu Banu, Usron (2023) PENGGUNAAN ARANG AKTIF PELEPAH KELAPA (COCUS NUCIFERA) SEBAGAI ADSORBEN UNTUK MENURUNKAN EMISI GAS BUANG PADA KENDARAAN BERMOTOR BERBAHAN BAKAR GANDA (DUAL FUEL). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA LALU BANU USRON.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Jurnal lalu banu usron.pdf

Download (127kB)

Abstract

Setiap tahunnya jumlah kendaraan di Indonesia terus meningkat yang menyebabkan emisi semakin banyak sehingga diperlukan cara agar dapat menekan emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan, salah satu cara untuk menekan emisi gas buang yakni menggunakan bahan bakar ganda dan adsorben untuk mereduksi emisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik HC, CO dan CO2 dari emisi kendaraan roda dua pada bahan bakar ganda LPG-pertalite dengan penambahan adsorben. Penelitian ini menggunakan adsorben arang aktif pelepah kelapa dengan aktivator NaOH variasi konsentrasi NaOH 25%, 35%, dan 45%. Proses pengujian dilakukan dengan cara adsorben dimasukkan ke dalam saluran gas buang kendaraan roda dua dengan kondisi menggunakan bahan bakar ganda, lalu adsorben akan dilewati oleh emisi. Kadar emisi terendah didapatkan pada aktivasi NaOH 35% dengan nilai CO 0,41; CO2, 0,86 dan HC 575 ppm

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Adsorben, bahan bakar ganda, emisi.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Jan 2024 22:57
Last Modified: 17 Jan 2024 22:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44061

Actions (login required)

View Item View Item