REPRESENTASI CANTIK PADA IKLAN WARDAH DI MEDIA SOSIAL (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE DALAM IKLAN WARDAH “CANTIKMU SIAP HADAPI DUNIA”)

Nely Hayati, Hafizah (2023) REPRESENTASI CANTIK PADA IKLAN WARDAH DI MEDIA SOSIAL (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE DALAM IKLAN WARDAH “CANTIKMU SIAP HADAPI DUNIA”). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NELY HAYATI HAFIZAH_L1B018087.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL NELY HAYATI HAFIZAH.pdf

Download (516kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi cantik pada iklan Wardah di media sosial (Analisis semiotika Charles Sanders Peirce iklan Wardah “Cantikmu siap hadapi dunia”). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotika Peirce. Subject penelitian ini ialah iklan Wardah versi “Cantikmu siap hadapi dunia”. Object penelitian ialah simbol cantik yang merepresentasikan kecantikan dalam iklan Wardah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik Charles Sanders Peirce yaitu segitiga makna (Triangle meaning) yaitu Sign berupa Visual, dialog, narasi pada iklan Wardah “Cantikmu siap hadapi dunia”, Object berupa representasi cantik dalam iklan, dan Interpretant memberikan makna yang kemudian akan ditafsirkan dalam bentuk narasi. Tahap-Tahap analisis data yaitu pengumpulan data, analisis data, menafsirkan bentuk representasi cantik dalam iklan, melakukan wawancara dan pengambilan kesimpulan. Dalam menguji data dilakukan dengan triangulasi sumber. Penelitian ini berfokus pada tanda-tanda yang ditemukan menggunakan teori Peirce yaitu tanda Ikon, Indeks, dan Simbol cantik dalam iklan Wardah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi kecantikan dalam iklan tersebut mencakup kecantikan fisik seperti kulit putih bersih, hidung mancung, dan bulu mata yang lentik. Selain itu, Wardah juga menekankan inner beauty atau kecantikan dari dalam berupa kepribadian positif, seperti kebaikan hati, empati, kesopanan, dan kecerdasan perempuan Indonesia. Ikon cantik dalam iklan ini melibatkan figur seperti Dewi Sandra, Ayana Moon, dan Amanda Rawles. Indeks dalam iklan mencakup peningkatan kepercayaan diri, eksklusivitas/kemewahan, dan kebahagian setelah menggunakan produk Wardah. Simbol cantik perempuan Indonesia mencakup inner beauty, perempuan progressif, modern, dan dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Representasi, Kecantikan, Iklan Wardah, Semiotika, Charles Sanders Peirce.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Jan 2024 22:58
Last Modified: 17 Jan 2024 22:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44067

Actions (login required)

View Item View Item