PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN STRATEGI PEMODELAN PEMBAWA ACARA PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 7 MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011

MARDIANA, LINA (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN STRATEGI PEMODELAN PEMBAWA ACARA PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 7 MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PTK LINA.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran advance organizer pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Mataram tahun pembelajaran 2009-2010. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil deskripsi objektif tentang pembelajaran dengan model advance organizer pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Mataram tahun pembelajaran 2009-2010 untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaannya terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Pengumpulan datra dilakukan dengan metode kepustakaan dan metode observasi, sedangkan penganalisisan data menggunakan rumus ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran advance organizer pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Mataram tahun pembelajaran 2009-2010 mengalami peningkatan, baik dari segi proses maupun hasil. Peningkatan proses ditunjukkan dengan hampir semua indikator tindakan telah dilaksanakan oleh semua siswa. Sedangkan peningkatan hasil dapat dilihat dari Nilai rata-rata tiap aspek mengalami peningkatan: (1) aspek tema, dari rata-rata 79,16 pada siklus I menjadi 87,90 pada siklus II; (2) aspek pembuka cerita mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata 65,83 menjadi 73,38 pada siklus II; (3) Aspek tokoh, dari siklus I 70,83 menjadi 72,58 pada siklus II; (4) aspek latar nilai rata-rata pada siklus I 68,33 menjadi 72,58 pada siklus II; (5) aspek alur, dari nilai rata-rata 69,16 menjadi 78,22 pada siklus II; (6) aspek kesan, nilai rata-rata dari 62,5 menjadi 69,35 pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): peningkatan kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran advance organizer pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Mataram tahun pembelajaran 2009-2010.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 May 2018 04:59
Last Modified: 30 May 2018 04:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4407

Actions (login required)

View Item View Item