TINJAUAN YURIDIS PEMBERIAN SANKSI TERHADAP PELAKSANAAN PINJAMAN ONLINE YANG MENGGUNAKAN IDENTITAS SESEORANG TANPA SEIZIN PEMILIK KARTU IDENTITAS

BAHYFAR LINTANG, MAHENDRA (2023) TINJAUAN YURIDIS PEMBERIAN SANKSI TERHADAP PELAKSANAAN PINJAMAN ONLINE YANG MENGGUNAKAN IDENTITAS SESEORANG TANPA SEIZIN PEMILIK KARTU IDENTITAS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Bahyfar Lintang Mahendra_D1A020088.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL BAHYFAR LINTANG MAHENDRA.docx.pdf

Download (682kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sanksi apakah yang dapat dikenakan terhadap pelaku penyalahgunaan data pribadi pada pinjaman online dan bagaimana perlindungan hukumnya apabila data pribadinya digunakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian normatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa sanksi terhadap pelaksanaan pinjaman online terdiri dari sanksi penyalahgunaan data, pengancaman, pemerasan, pencemaran nama baik, pencurian, dan penipuan. Kemudian ada beberapa bentuk perlindungan terhadap korban penyalahgunaan data pribadi pada pinjaman online yaitu salah satunya dengan upaya ganti rugi materill terhadap korban, restitusi dan kompensasi. Namun pemberian sanksi terkait pelaksanaan pinjaman online kini belum memiliki aturan atau tidak memiliki kejelasan aturan mengenai pinjaman online.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemberian Sanksi, Pinjaman Online, Penyalahgunaan Data
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Jan 2024 22:58
Last Modified: 17 Jan 2024 22:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44073

Actions (login required)

View Item View Item