KEWENANGAN MAHKAMAH KONSTITUSI DALAM MENGUBAH NORMA UNDANG-UNDANG MELALUI PRAKTIK JUDCIAL REVIEW (Studi Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 31/PUU-XX/2022)

ABDUL, FATTAH (2023) KEWENANGAN MAHKAMAH KONSTITUSI DALAM MENGUBAH NORMA UNDANG-UNDANG MELALUI PRAKTIK JUDCIAL REVIEW (Studi Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 31/PUU-XX/2022). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Fattah Final Ultimate.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)
[img] Text
JURNAL ...pdf

Download (407kB)

Abstract

Praktik pengubahan norma undang-undang melalui Judicial Review oleh Mahkamah Konstitusi dilakukan tanpa dasar yuridis dan tidak sesuai dengan idealitas teoritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dasar teoritis dan yuridis kewenangan mahkamah konstitusi dalam mengubah norma undang-undang melalui praktik judicial review, khususnya dalam putusan Nomor 31/PUU-XX/2022 serta tindak lanjut legislatif yakni Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) atas putusan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif yang menggunakan metode pendekatan Pendekatan PerundangUndangan (statute approach) dan Pendekatan Konseptual (Conceptual Approach) dengan didasarkan pada penalaran deduktif, yakni pengambilan simpulan dari uraian umum tentang Mahkamah Konstitusi ke uraian khusus. Dari penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa Kewenangan Mahkamah Konstitusi mengubah Norma Undang-undang didasarkan pada teori diskresi kekuasaan kehakiman, tidak ada ketentuan normatif yang tegas dan jelas mengatur kewenangan mahkamah konstitusi dalam mengubah norma undang-undang, khususnya pada Putusan 31/PUU-XX/2022. Kewenangan mengubah norma undang-undang didasarkan pada penafsiran atas ketentuan normatif. Legislatif dalam hal ini DPR tidak melaksanakan tindak lanjut apapun atas putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 31/PUU-XX/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kewenangan, Mahkamah Konstitusi, Judicial Review
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Jan 2024 22:58
Last Modified: 17 Jan 2024 22:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44074

Actions (login required)

View Item View Item