PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KAUSALITIK TERINTEGRASI NILAI KARAKTER BERBANTUAN GO-LAB PLATFORM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

HURAIZA, MAHMUDAH (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KAUSALITIK TERINTEGRASI NILAI KARAKTER BERBANTUAN GO-LAB PLATFORM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS HURAIZA MAHMUDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
JURNAL HURAIZA MAHMUDAH.pdf

Download (497kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model kausalitik terintegrasi nilai karakter berbantuan go-lab platform yang layak (valid, praktis dan efektif) digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif peserta didik. Pengembangan perangkat pembelajaran model kausalitik terintegrasi nilai karakter berbantuan go-lab platform mengacu pada desain model pengembangan 4D. Model 4D terdiri dari 4 tahapan utama yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebarluasan (disseminate). Hasil pengembangan perangkat pembelajaran model kausalitik terintegrasi nilai karakter berbantuan go-lab platform terdiri dari silabus pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), media Go-Lab Platform, serta instrumen tes kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif. Data kevalidan diperoleh dari lembar validasi yang diisi oleh validator ahli dan praktisi, sedangkan data kepraktisan diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Kemudian data keefektifan diperoleh dari nilai N-Gain berdasarkan pemberian pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif kepada peserta didik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan karena memiliki karakteristik berupa 1) penggunaan model kausalitik yang diintegrasikan dengan nilai karakter, 2) pengunaan model kausalitik berbantuan media go-lab platform, serta 3) mampu mengukur serta meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Perangkat Pembelajaran; Model Kausalitik Terintegrasi Nilai Karakter; Go-Lab Platform; Kemampuan Pemecahan Masalah; Kemampuan Berpikir Kreatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Jan 2024 22:58
Last Modified: 17 Jan 2024 22:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44075

Actions (login required)

View Item View Item