TINJAUAN YURIDIS TENTANG PERJANJIAN KEMITRAAN ANTARA PEMERINTAH DENGAN PENGUSAHA UMKM DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI EKONOMI KREATIF (STUDI DI SENTRA KERAJINAN TENUN, DESA KEMBANG KERANG DAYA, AIKMEL)

PANJI SATRIA, WARDHANA (2023) TINJAUAN YURIDIS TENTANG PERJANJIAN KEMITRAAN ANTARA PEMERINTAH DENGAN PENGUSAHA UMKM DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI EKONOMI KREATIF (STUDI DI SENTRA KERAJINAN TENUN, DESA KEMBANG KERANG DAYA, AIKMEL). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_PANJI SATRIA WARDHANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
NASKAH JURNAL PANJI.pdf

Download (343kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan perjanjian kemitraan antara pemerintah daerah Kabupaten Lombok Timur dan UMKM Mitra Usaha Mandiri Desa Kemabang Kerang Daya. Jenis jenis Penelitian Hukum Normatif Empiris dengan metode Pendekatan Perundang-undangan (Statue Approach), pendekatan konseptual (conceptual approach). Adapun hasil dan kesimpulan dari penelitian ini yakni, Pelaksanaan perjanjian berupa, Penyerahan sejumlah uang, dan adanya pelayanan jasa. Akan tetapi dalam penelitian yang dilakukan, Bentuk perjanjian kerjasama kemitraan Mitra Usaha Cempaka Mandiri Desa Kembang dengan Pemerintah Daerah Lombok Timur tidak menggunakan perjanjian tertulis. Adapun faktor penyebab terjadinya pelaksanaan perjanjian kemitraan antara Mitra Usaha Mandiri dengan Pemda Lombok Timur dilatar belakangi oleh tiga faktor, yakni pertama kedudukan hukum pemerintah daerah Lombok timur, Melalui Peraturan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha Nomor 01 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Pengawasan Kemitraan pemerintah melalu peraturan ini memiliki kewenangan untuk mengawasi jalannya perjanjian kerjsama kemitraan. Kedua, faktor hukum yang timbul akibat adanya perjanjian. Dan ketiga adanya faktor lain yakni, adanya konsensualisme.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perjanjian, Kemitraan, UMKM.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2024 05:44
Last Modified: 19 Jan 2024 05:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44079

Actions (login required)

View Item View Item