KEDUDUKAN ANAK DI LUAR NIKAH DALAM PENERIMAAN HARTA WARISAN DI TINJAU DARI KOMPILASI HUKUM ISLAM DAN HUKUM PERDATA ( STUDY DI DESA SINTUNG )

ADE FAIZAL, ASY’ARI (2023) KEDUDUKAN ANAK DI LUAR NIKAH DALAM PENERIMAAN HARTA WARISAN DI TINJAU DARI KOMPILASI HUKUM ISLAM DAN HUKUM PERDATA ( STUDY DI DESA SINTUNG ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (413kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “kedudukan anak diluar nikah dalam penerimaan harta warisan di tinjau dari kompilasi hukum islam dan hukum perdata study desa sintung” yang dalam penulisannya menggunakan metode peneltian normatif dan empiris dengan menggunakan pendekatan pendekatan Undang-Undang (Statute Approach), dan studi kasus (Case Aproach). Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana Kedudukan Anak di Luar Nikah dalam Kompilasi Hukum Islam dan Hukum Perdata ? 2.Bagaimana Status Anak di Luar Nikah Dalam Perspektif Kompilasi Hukum Islam dan Hukum Perdata (Burgerlijk Wetboek) ?. Dari Penelitian Hukum yang telah dilakukan anak yang dihasilkan diluar pernikahan dapat menerima warisan apabila kedua orang tuanya tidak saling melaknati satu sama lain, melalui pengadilan agama tersebut anak dapat memperoleh kejelasan tentang siapa orang tua kandung anak sehingga lebih mudah dalam hak permohonan sebagai hak mewaris. Faktor yang mempengaruhi anak diluar nikah dapat mewarisi dan tidak dapat mewarisi antara lain demikian sengketa pembagian warisan anak luar kawin di Desa Sintung tidak pernah sampai harus mendapatkan putusan lewat Pengadilan karena mereka dapat mengatasinya dengan cara musyawarah secara mufakat baik dengan musyawarah secara keluarga maupun dengan musyawarah secara adat yang berlaku di Desa Sintung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kedudukan Anak, waris, hibah.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2024 05:45
Last Modified: 19 Jan 2024 05:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44081

Actions (login required)

View Item View Item