AKTIVITAS ENZIMATIS BAKTERI ASAM LAKTAT DARI SALURAN PENCERNAAN LOBSTER PASIR (Panulirus homarus) SEBAGAI KANDIDAT PROBIOTIK

KIKI RIZKI, AULIYAH (2023) AKTIVITAS ENZIMATIS BAKTERI ASAM LAKTAT DARI SALURAN PENCERNAAN LOBSTER PASIR (Panulirus homarus) SEBAGAI KANDIDAT PROBIOTIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI_KIKI RIZKI AULIYAH_G1A019040 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Draft Jurnal Kiki Rizki Auliyah_G1A019040.pdf

Download (1MB)

Abstract

Probiotik dapat didefinisikan sebagai mikroba hidup yang ditambahkan dalam jumlah tertentu yang mampu bertahan hidup dalam ekosistem pencernaan. Bakteri asam laktat (BAL) merupakan bakteri yang berpotensi dijadikan sebagai probiotik karena salah satu kemampuannya dalam menghasilkan enzim yang mampu menghidrolisis molekul kompleks seperti protein, amilum, dan lemak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi proteolitik, amilolitik, dan lipolitik dari BAL asal saluran pencernaan lobster pasir sebagai kandidat probiotik. Penelitian diawali dengan mengisolasi BAL dari saluran pencernaan lobster pasir. Isolatisolat yang diperoleh kemudian di uji aktivitas enzimatisnya secara kualitatif dan semi kuantitatif. Selanjutnya isolat bakteri dengan aktivitas enzimatis diidentifikasi berdasarkan karakterisasi morfologi, biokimia, dan fisiologis. Isolat BAL yang memiliki aktivitas enzimatis didasarkan pada kemampuannya untuk membentuk zona bening pada media uji. Sebanyak 14 isolat bakteri diduga BAL berhasil di isolasi dari saluran pencernaan lobster pasir. Hasil uji aktivitas enzimatis menunjukkan bahwa sebanyak masing-masing 6 isolat bakteri memiliki aktivitas proteolitik, amilolitik, dan lipolitik. Aktivitas bakteri proteolitik, amilolitik, dan lipolitik tertinggi berturut-turut dicapai oleh isolat SP6 dengan nilai indeks hidrolisis 3,32, isolat SU4 dengan nilai indeks hidrolisis 3,67, dan isolat SP6 dengan nilai indeks hidrolisis 2,62. Berdasarkan hasil karakterisasi morfologi, biokimia, dan fisiologis diketahui isolat-isolat bakteri tersebut merupakan BAL dari genus Pediococcus, Enterococcus, dan Lactobacillus. Kemampuan enzimatik BAL berdasarkan zona bening yang terbentuk menunjukkan isolat SP6 (Pediococcus sp) dan SU4 (Pediococcus sp) potensial dimanfaatkan sebagai probiotik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Lobster pasir, BAL, proteolitik, amilolitik, lipolitik.
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2024 05:45
Last Modified: 19 Jan 2024 05:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44092

Actions (login required)

View Item View Item