KOMUNIKASI TRANSAKSIONAL DALAM PENYELESAIAN KONFLIK DUALISME NAHDLATUL WATHAN (NW) (Studi Kasus Penyelesaian Konflik NW Setelah Terbitnya SK Menkumham No AHU00297.60.10.2014)

DEVALDI, FIRDAUZAN (2023) KOMUNIKASI TRANSAKSIONAL DALAM PENYELESAIAN KONFLIK DUALISME NAHDLATUL WATHAN (NW) (Studi Kasus Penyelesaian Konflik NW Setelah Terbitnya SK Menkumham No AHU00297.60.10.2014). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DEVALDI FIRDAUZAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL DEVALDI FIRDAUZAN.pdf

Download (257kB)

Abstract

NW merupakan sebuah organisasi masyarakat (ORMAS) Islam yang berpusat di Pancor Kabupaten Lombok Timur. Setelah meninggalnya pendiri NW, NWDI dan NBDI dilansungkannya Muktamar NW ke-X yang menghasilkan Hj. Sitti Raihanun dan Hj. Siti Rauhun. Keadaan ini memunculkan konflik di masyarakat berupa saling klaim siapa ketua PB yang sah dimata hukum. Hal tersebut kemudian mengerucut dengan diterbitkannya SK Kemenkumham No AHU00297.60.10.2014 pada tanggal 11 Juli 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk pendekatan komunikasi transaksional yang dilakukan dalam penyelesaian konflik dualisme NW. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. subjek penelitian ini adalah pelaku organisasi di NW Pancor dan NW Anjani. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model Creswell. Dalam melakukan uji validitas data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya penyelesaian dualisme NW ini melalui melalui komunikasi transaksional melalui dua cara, yakni melalui isyarat seperti mengadakan Islah, dan juga melalui penyampaian pesan damai. Yang kedua melalui waktu, yang dimana kedua belah pihak menyampaikan pesan pesan transaksional melalui acara acara besar organisasi seperti HULTAH NWDI dan Haul Al-Magfurullah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komunikasi, Transaksional, Dualisme, NW
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2024 05:45
Last Modified: 19 Jan 2024 05:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44094

Actions (login required)

View Item View Item