PENERAPAN ASAS KEBEBASAN BERKONTRAK DALAM PERJANJIAN WARALABA MENURUT PERATURAN PEMERINTAH NO 42 TAHUN 2007 (Studi :Teh Poci Mataram)

KOMANG PRADNYA, KRISNAWA (2023) PENERAPAN ASAS KEBEBASAN BERKONTRAK DALAM PERJANJIAN WARALABA MENURUT PERATURAN PEMERINTAH NO 42 TAHUN 2007 (Studi :Teh Poci Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Komang Pradnya Krisnawa Skripsi fixx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL ILMIAH KOMANG_PRADNYA_KRISNAWA fix.pdf

Download (409kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Penerapan Prinsip Dasar Asas Kebebasan Berkontrak Dalam Perjanjian Waralaba Menurut Peraturan Pemerintah No 42 Tahun 2007 dan Untuk Mengetahui Penerapan Asas Kebebasan Berkontrak Dalam Perjanjian Waralaba Teh Poci Di Mataram. Metode yang digunakan adalah metode penelitian hukum normatif-empiris. Penelitian ini mengulas Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2007 tentang Waralaba yang mengatur perjanjian waralaba tanpa secara langsung menyebutkan asas kebebasan berkontrak. Meski tak disebutkan, prinsip tersebut tersirat dalam beberapa pasal, membatasi bentuk, hukum yang berlaku, dan isi perjanjian. Pasal 4 ayat (1) menekankan penulisan tertulis perjanjian, sementara Pasal 4 ayat (2) membatasi hukum yang mengaturnya. Penerapan asas kebebasan berkontrak dalam perjanjian waralaba teh poci tercermin dari tahapan pembentukan, dengan pelaksanaan perjanjian yang patuh terhadap peraturan lokasi outlet dan penggunaan bahan baku. Dari hasil analisis terhadap perjanjian waralaba teh poci, seluruh isi dari perjanjian tersebut sudah memenuhi asas kebebasan berkontrak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Asas Kebebasan Berkontrak, Perjanjian, Waralaba.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2024 05:46
Last Modified: 19 Jan 2024 05:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44101

Actions (login required)

View Item View Item