PENGARUH UMUR PEMOTONGAN TERHADAP KUALITAS FISIK DAN ORGANOLEPTIK DAGING AYAM BROILER STRAIN CP 707 PADA KANDANG OPEN HOUSE

Hesti, Kurniati (2023) PENGARUH UMUR PEMOTONGAN TERHADAP KUALITAS FISIK DAN ORGANOLEPTIK DAGING AYAM BROILER STRAIN CP 707 PADA KANDANG OPEN HOUSE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HESTI KURNIATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI HESTI KURNIATI.pdf

Download (427kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh umur pemotongan terhadap kualitas fisik dan organoleptik daging ayam broiler strain CP 707 yang dipelihara pada kandang Open House. Sampel diambil di kandang Bapak Hasan Desa Duman, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Uji organoleptik dilakukan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola searah dengan 3 perlakuan dengan umur pemotongan 25, 27, dan 29 hari, dengan 10 × ulangan. Variabel yang diamati adalah Uji Fisik (pH, daya ikat air, kadar air, susut masak, dan keempukan) dan Organoleptik (warna, rasa, aroma, tekstur, dan kesukaan). Berdasarkan hasil analisis Sidik Ragam bahwa uji fisik dan organoleptik pada umur pemotongan tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap nilai susut masak, warna, rasa, dan aroma dan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap nilai pH, daya ikat air, kadar air, keempukan, tekstur, dan kesukaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah umur pemotongan memberikan pengaruh nyata terhadap nilai pH, daya ikat air, kadar air, keempukan, tekstur dan kesukaan, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap nilai susut masak, warna, rasa, dan aroma.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Daging ayam, umur pemotongan, uji fisik, organoleptik.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:13
Last Modified: 19 Jan 2024 08:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44112

Actions (login required)

View Item View Item