ANALISIS KELAYAKAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA USAHATANI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) LAHAN KERING DI KECAMATAN WERA KABUPATEN BIMA

Fatur, ahman (2023) ANALISIS KELAYAKAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA USAHATANI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) LAHAN KERING DI KECAMATAN WERA KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Faturahman_C1G019087_Agribisnis_fakultas_pertanian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (520kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis struktur biaya produksi usahatani kacang tanah di Kecamatan Wera Kabupaten Bima (2) menganalisis kelayakan usahatani kacang tanah di Kecamatan Wera Kabupaten Bima, dan (3) menganalisis struktur penyerapan tenaga kerja pada usahatani kacang tanah di Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Penelitian ini menggunanakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan survei. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara “purposive Sampling. Penentuan jumlah rumah tangga petani ditetapkan secara “Quota” sebanyak 30 rumah tangga petani, penentuan responden di masing-masing desa dilakukan secara “proportional random sampling” jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data penelitian yaitu data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Struktur biaya produksi usahatani kacang tanah di Kecamatan Wera Kabupaten Bima berturut-turut sebagai berikut; Biaya tenaga kerja 51,53%; biaya tetap 27,31%; biaya sarana produksi 21,13% dan biaya variabel lain 2,76%. (2) Usahatani kacang tanah di Kecamatan Wera Kabupaten Bima layak untuk di kembangkan dengan nilai R/C 1,96. (3) Struktur penyerapan tenaga kerja pada usahatani kacang tanah di Kecamatan Wera Kabupaten Bima berturut-turut sebagai berikut; kegiatan panen 27,71%; kegiatan penanaman 21,17%; kegiatan pasca panen 17,55%; kegiatan pemeliharaan 13,06%; kegiatan pembersihan lahan 9,47%; kegiatan persiapan benih 7,02%; dan kegiatan pengolahan lahan 4,02%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kacang Tanah, Struktur Biaya Produksi, Kelayakan, Struktur Penyerapan Tenaga Kerja
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:13
Last Modified: 19 Jan 2024 08:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44114

Actions (login required)

View Item View Item