CYBER BRANDING LONGTUN WATERPARK VILLA & RESTO DALAM MEMBANGUN BRAND LOYALTY (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Akun Instagram @longtunwaterpark)

Zaerina, Amalia (2023) CYBER BRANDING LONGTUN WATERPARK VILLA & RESTO DALAM MEMBANGUN BRAND LOYALTY (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Akun Instagram @longtunwaterpark). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Zaerina Amalia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)
[img] Text
JURNAL_ZAERINA AMALIA_L1B019124.pdf

Download (528kB)

Abstract

Kemajuan teknologi menuntut perusahaan atau organisasi untuk melakukan terobosan baru dalam upaya memperkenalkan layanan, produk, atau jasa. Hal ini menjadi peluang besar bagi sebuah perusahaan dalam meningkatkan promosi serta membangun loyalitas pelanggan melalui platform digital, Salah satu pemanfaatan platform digital online yaitu cyber branding. Longtun Waterpark Villa & Resto menggunakan berbagai jenis platform digital dalam mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan, berbagai jenis platform digital seperti Instagram, Facebook, Tik Tok, dan Website. Pada penelitian ini hanya berfokus pada media sosial Instagram Longtun Waterpark Villa & Resto. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cyber branding Longtun Waterpark Villa & Resto dalam membangun brand loyalty. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian yakni di LongtunWaterpark Villa & Resto. Subjek penelitian ini yaitu beberapa pihak Longtun Waterpark Villa & Resto dan pengunjung, objek penelitian ini yaitu cyber branding Longtun Waterpark Villa & Resto dalam membangun brand loyalty. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel sumber data 2 dengan pertimbangan tertentu. Pada analisis data terdapat reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi, adapun teknik keabasahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu seluruh informan pernah mengunjungi akun Instagram @longtunwaterpark untuk memperoleh informasi terkait Longtun Waterpark Villa & Resto. Pada penelitian ini aspek cyber branding dalam teori “I” telah diterapkan oleh Longtun Waterpark Villa & Resto. Dari ketiga aspek informasi, interaksi, dan insting, aspek informasi merupakan aspek paling dominan. Brand loyalty Longtun Waterpark Villa & Resto dapat diukur dari lima tahapan membangun brand loyalty yang bertujuan untuk mengetahui pelanggan memiliki loyalitas terhadap suatu brand. Dapat dinyatakan bahwa semua informan yang termasuk loyal pada Longtun Waterpark Villa & Resto yaitu informan dua, empat, dan lima karena memenuhi semua tahapan dalam membangun brand loyalty. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa cyber branding Longtun Waterpark Villa & Resto dalam membangun brand loyalty mempengaruhi loyalitas pengunjung untuk berkunjung ke Longtun Waterpark Villa & Resto, hal ini sesuai dengan konsep teori “I”.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): cyber branding, brand loyalty, instagram.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:13
Last Modified: 19 Jan 2024 08:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44115

Actions (login required)

View Item View Item