ANALISIS POLA ASUH SINGLE PARENT DALAM MEMBENTUK MORALITAS ANAK (KASUS DI KELURAHAN KARANG BARU KECAMATAN SELAPARANG KOTA MATARAM)

YARKI MUHAMMAD, ERISTA (2023) ANALISIS POLA ASUH SINGLE PARENT DALAM MEMBENTUK MORALITAS ANAK (KASUS DI KELURAHAN KARANG BARU KECAMATAN SELAPARANG KOTA MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YARKI MUHAMMAD .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ANALISIS POLA ASUH SINGLE PARENT DALAM MEMBENTUK MORALITAS ANAK.pdf

Download (192kB)

Abstract

Pola asuh orang tua berpengaruh pada perkembangan anak, termasuk dalam pembentukan moralitasnya. Peran ganda pada orang tua tunggal (single parent) menyebabkan minimnya waktu bersama dan perhatian untuk anak sehingga berimplikasi pada perkembangan diri anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua single parent serta implikasinya dalam pembentukan moralitas anak di Kelurahan Karang Baru Kecamatan Selaparang Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian Studi Kasus. Penelitian ini menggunakan teori pola pengasuhan yang bersifat parental control dari Diana Baumrind. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi. Prosedur analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua single parent di Kelurahan Karang Baru, memiliki gaya pola asuh yang dominan demokratis dan otoriter. Implikasi pola asuh orang tua tunggal (single parent) pada (1) aspek perilaku anak; (a) demokratis; anak lebih percaya diri, sopan dan ramah, sedangkan (b) otoriter; anak cenderung pemalu dan kesulitan bersosial. Sedangkan pada (2) aspek pendidikan anak (a) demokratis; anak rajin belajar dan lebih percaya diri atas hasil kerjanya, sedangkan (b) otoriter; anak terpaksa rajin belajar dan dipaksa memiliki nilai bagus.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola Asuh, Single Parent, Moralitas Anak
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:13
Last Modified: 19 Jan 2024 08:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44120

Actions (login required)

View Item View Item